Show simple item record

dc.contributor.advisor
dc.contributor.authorRESTUNA, INNA
dc.date.accessioned2018-03-29T02:50:08Z
dc.date.available2018-03-29T02:50:08Z
dc.date.issued2015
dc.identifier.urihttp://repository.umy.ac.id/handle/123456789/18343
dc.descriptionPenelitian persaingan pada kedua media massa radio yaitu Radio Geronimo dan Swaragama dilakukan karena kedua media mempunyai karakteristik yang sama pada jam siar, positioning sex, dan target pendengar yang telah menjadi Top Brand radio di kota Yogyakarta. Media mempunyai sumber daya sebagai penunjang kehidupannya, salah satunya adalah iklan, semakin banyak media maka semakin ketat persaingan diantara media tersebut. Jika media mempunyai karakteristik sama, maka persaingan untuk mendapatkan iklan semakin ketat dan menarik. Pada penelitian ini, peneliti menggunakan Teori Niche, teori ini digunakan untuk mengetahui seberapa besar persaingan diantara kedua media atau lebih dari dua media. Di dalam perhitungan teori ini, untuk mengukurnya menggunakan dua teknik perhitungan yaitu Niche Breadth dan Niche Overlap. Niche Breadth untuk mengetahui seberapa besar ketergantungan media terhadap iklan dan Niche Overlap untuk mengetahui seberapa besar tingkat persaingan diantara kedua media. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Metode deskriptif adalah suatu metode dalam meneliti status kelompok manusia, suatu objek, suatu set kondisi, suatu sistem pemikiran, ataupun suatu kelas peristiwa pada masa sekarang. Dari data yang didapatkan selama tiga bulan, maka didapatkan data kedua Radio Geronimo dan Swaragama dengan Niche Breadthnya berada pada kategori spesialis. Pada perhitungan Niche Overlap, maka didapatkan hasil persaingan kedua radio ini sangat ketat. Maka dengan menggunakan teori ini kita dapat mengetahui hasil persaingan kedua media massa tersebut.en_US
dc.description.abstractPenelitian persaingan pada kedua media massa radio yaitu Radio Geronimo dan Swaragama dilakukan karena kedua media mempunyai karakteristik yang sama pada jam siar, positioning sex, dan target pendengar yang telah menjadi Top Brand radio di kota Yogyakarta. Media mempunyai sumber daya sebagai penunjang kehidupannya, salah satunya adalah iklan, semakin banyak media maka semakin ketat persaingan diantara media tersebut. Jika media mempunyai karakteristik sama, maka persaingan untuk mendapatkan iklan semakin ketat dan menarik. Pada penelitian ini, peneliti menggunakan Teori Niche, teori ini digunakan untuk mengetahui seberapa besar persaingan diantara kedua media atau lebih dari dua media. Di dalam perhitungan teori ini, untuk mengukurnya menggunakan dua teknik perhitungan yaitu Niche Breadth dan Niche Overlap. Niche Breadth untuk mengetahui seberapa besar ketergantungan media terhadap iklan dan Niche Overlap untuk mengetahui seberapa besar tingkat persaingan diantara kedua media. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Metode deskriptif adalah suatu metode dalam meneliti status kelompok manusia, suatu objek, suatu set kondisi, suatu sistem pemikiran, ataupun suatu kelas peristiwa pada masa sekarang. Dari data yang didapatkan selama tiga bulan, maka didapatkan data kedua Radio Geronimo dan Swaragama dengan Niche Breadthnya berada pada kategori spesialis. Pada perhitungan Niche Overlap, maka didapatkan hasil persaingan kedua radio ini sangat ketat. Maka dengan menggunakan teori ini kita dapat mengetahui hasil persaingan kedua media massa tersebut.en_US
dc.publisherFAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTAen_US
dc.subjectPersaingan Media, Deskriptif Kuantitatif, Teori Niche.en_US
dc.titleTINGKAT PERSAINGAN RADIO DI YOGYAKARTA DALAM MENDAPATKAN IKLAN (ANALISIS TEORI NICHE PADA RADIO GERONIMO DAN SWARAGAMA BULAN JULI SEPTEMBER 2014)en_US
dc.typeThesisen_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record