Show simple item record

dc.contributor.advisor
dc.contributor.authorJANNAH, MIFTAHUL
dc.date.accessioned2018-05-17T04:31:22Z
dc.date.available2018-05-17T04:31:22Z
dc.date.issued2018-05-02
dc.identifier.urihttp://repository.umy.ac.id/handle/123456789/18796
dc.descriptionMedia sosial merupakan bentuk baru dari ruang publik yang efektif digunakan untuk pertukaran informasi, gagasan, dan pemikiran. Twitter adalah salah satu media sosial yang aktif digunakan di Indonesia. Topik yang sedang berkembang dan bayak dibicarakan pengguna Twitter akan menjadi trending topic. Biasanya trending topic di Twitter dibingkai dalam tanda pagar. Tanda pagar di Twitter menjadi sebuah fenomena yang dimaknai berbeda-beda oleh pengguna media sosial Twitter. Penelitian ini ditujukan untuk mengetahui persepsi dan faktor-faktor pembentuk persepsi pada masing-masing pengguna media sosial Twitter terhadap penggunaan tanda pagar #ThePowerofSetyaNovanto di Twitter. Pemilihan tanda pagar #ThePowerofSetyaNovanto karena tanda pagar ini sempat menjadi trending topic di media sosial Twitter pada tanggal 29 September – 2 Oktober 2017. Menariknya, penggunaan tanda pagar #ThePowerofSetyaNovanto digambarkan dalam bentuk guyonan satire. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengambilan informan dalam penelitian ini menggunakan aksidental sampling. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa penggunaan tanda pagar #ThePowerofSetyaNovanto dimaknai sebagai bentuk kekecewaan netizen terhadap kasus hukum SetyaNovanto. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah semua informan setuju dengan penggunaan tanda pagar #ThePowerofSetyaNovanto yang dijadikan guyonan satire oleh pengguna media sosial Twitter. Namun, masing-masing informan memaknai tiap-tiap pertanyaan yang menjadi pokok penelitian secara berbeda sesuai dengan interpretasi masing-masing. Faktor-faktor yang mempengaruhi persepsi pengguna media sosial Twitter terhadap penggunaan tanda pagar #ThePowerofSetyaNovanto terdiri dari faktor fungsional (personal) dan faktor struktural (situasional).en_US
dc.description.abstractSocial media is a new form of public sphere which effective used to exchange informations, ideas, and thought. Twitter is one of social media which actively used in Indonesia. The topic was growing and many discussed by Twitter users will be trending topic. Usually, a trending topic on Twitter framed in hashtag. The hashtag on Twitter became a phenomenon that was given a different meaning by Twitter users. The research objective is to know the perception and factors forming perceptions of Twitter users against the use of the hashtag #ThePowerofSetyaNovanto. The selection of the hashtag #ThePowerofSetyaNovanto is because on the 29nd September-2nd October 2018 had become a trending topic. The method that researchers are taking is qualitative descriptive. Retrieval techniques informants in this study using accidental sampling. The result of the study concluded that the use of the hashtag #ThePowerofSetyaNovanto interpreted as a form of the disappointment of the netizen. Conclusion in this research is all of the informants agreed with the use of the hashtag that made the joke satire. However, each informant interpret each of the questions who became the subject of research differently according to interpretation. Factors that affect the perception of Twitter users agains the use hashtag is compossed of the functional factor and structural factor.en_US
dc.publisherFISIP UMYen_US
dc.subjectPersepsi, Kebutuhan, Emosional Kritis, Pengalaman. Perception, Needs, Emotional Critical, Experience.en_US
dc.titlePERSEPSI PENGGUNA MEDIA SOSIAL TWITTER TERHADAP PENGGUNAAN TANDA PAGAR #THEPOWEROFSETYANOVANTOen_US
dc.typeThesis SKR FISIP 112en_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record