Show simple item record

dc.contributor.advisor
dc.contributor.authorHAFILAH, ASTRIDA
dc.date.accessioned2018-05-24T07:21:40Z
dc.date.available2018-05-24T07:21:40Z
dc.date.issued2018-05-07
dc.identifier.urihttp://repository.umy.ac.id/handle/123456789/19050
dc.descriptionKehadiran media baru yang berisi konten ulasan suatu produk oleh beauty blogger membentuk suatu kebiasaan baru saat melakukan aktivitas berbelanja online, yaitu sebagai channel dalam pencarian informasi seputar produk yang ingin dibeli secara online. Pembelian produk kosmetik secara online khususnya lipstik tentu melewati proses pertimbangan oleh konsumen untuk mendapatkan produk lipstik pilihan yang tepat sesuai kebutuhan dan keinginan. Para beauty blogger memiliki andil dalam penentuan pembelian lipstik dengan adanya konten ulasan lipstik melalui media online. Rissa Stellar menawarkan konten ulasan khusus lipstik melalui blog-nya, lippielust.com, yang menspesialisasikan diri dengan isi ulasan khusus lipstik di dalam blog-nya dengan sebutan sebagai Indonesia’s Ultimate Source for Swatches and Reviews pada sub judul nama blog-nya. Hal tersebut dapat dimaknai berbeda oleh para pembaca blog-nya. Penelitian ini membahas interpretasi pembaca blog mengenai ulasan lipstik dalam blog lippielust.com. Menggunakan metode analisis resepsi Stuart Hall, pembaca blog dipandang sebagai khalayak aktif dalam meresepsikan teks media dengan perspektif latar belakang pembaca seperti latar belakang pendidikan, latar belakang gaya hidup, maupun kebiasaan bermedia. Penelitian ini mengungkapkan bahwa para informan terbagi atas dua proposisi pembacaan yaitu hegemonic-dominant position dan negotiated position.Tidak ada informan yang berada pada oppositional position karena tidak ada informan yang ideologinya bertolak belakang dengan penulis blog Lippielust.en_US
dc.description.abstractThe existence of a new media that contains a product review content by beauty blogger forms a new habit when doing online shopping activities, as a channel in search of information about the product that want to buy online. The purchase of cosmetic products online, especially lipstick, certainly through the process of consideration by consumers to get the right choice of lipstick products according to their needs and desires. The beauty blogger takes some parts in the determination of lipstick purchases with their content of lipstick reviews through online media. Rissa Stellar offers lipstick-specific content reviews through her blog, lippielust.com, which specializes in the content of lipstick-specific reviews in her blog as "Indonesia's Ultimate Source for Swatches and Reviews" in her blog name subtitle. This can be interpreted differently by the readers of her blog. This research is discuss the interpretation of blog readers about lipstick reviews in lippielust.com blog. Using Stuart Hall's reception analysis method, blog readers are seen as an active audience in perceiving media texts from the perspective of reader backgrounds such as educational background, lifestyle background, and media habits. This research reveals that the informants are divided into two propositions form of reading, it is hegemonic-dominant position and negotiated position. No informants are in oppositional position because there is no informant whose ideology is contradictory with Lippielust blog writer.en_US
dc.publisherFISIP UMYen_US
dc.subjectLipstick Review, Blog, Reception, Information. Ulasan Lipstik, Blog, Resepsi, Informasien_US
dc.titleANALISIS RESEPSI PEMBACA BLOG LIPPIELUST.COM SEBAGAI SUMBER PENCARIAN INFORMASI ULASAN LIPSTIKen_US
dc.typeThesis SKR FISIP 131en_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record