Show simple item record

dc.contributor.advisorHASAN, YUSUF ABDUL
dc.contributor.authorKHOIRUNNISA, KHOIRUNNISA
dc.date.accessioned2018-06-27T06:19:09Z
dc.date.available2018-06-27T06:19:09Z
dc.date.issued2018-05-24
dc.identifier.urihttp://repository.umy.ac.id/handle/123456789/19789
dc.descriptionPenelitian ini bertujuan untuk : (1) mendeskripsikan implementasi pembelajaran aqidah akhlak kelas V.A di MIN 1 Gunungkidul; (2) mendeskripsikan pembentukan sikap sosial siswa kelas V.A di MIN 1 Gunungkidul; (3) mendeskripsikan implementasi pembelajaran aqidah akhlak bagi pembentukan sikap sosial siswa kelas V.A di MIN 1 Gunungkidul; (4) mendeskripsikan faktor pendukung dan faktor penghambat implementasi pembelajaran aqidah akhlak bagi pembentukan sikap sosial siswa kelas V.A di MIN 1 Gunungkidul. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif yang tertuju pada penelitian lapangan (field research) dengan mengambil lokasi penelitian di MIN 1 Gunungkidul dengan subjek penelitan guru aqidah akhlak dan siswa kelas V.A, objek yang diteliti adalah sikap sosial siswa kelas V.A di MIN 1 Gunungkidul. Metode pengumpulann data pada penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, conclusions drawing/ verfying. Adapun pemaparan analisis data menggunakan deskriptif kalitatif. Hasil penelitian adalah sebagai berikut : (1) implementasi pembelajaran aqidah akhlak bagi pembentukan sikap sosial siswa kelas V.A di MIN 1 Gunungkidul telah berjalan sebagaimana mestinya, pelaksanaan pembelajaran di kelas dilakukan dengan mengacu pada perencanaan yang telah dibuat sebagai acuan berlangsungnya proses kegiatan belajar mengajar di kelas, juga adanya evaluasi pembelajaran guna mengetahui kemampuan siswa kelas V.A di MIN 1 Gunungkidul dalam menguasai materi aqidah akhlak; (2) pembentukan sikap sosial siswa diperoleh melalui : materi aqidah akhlak yang terintegrasi dengan pembentukan sikap, motivasi dan nasehat untuk siswa, perintah dan larangan, serta interaksi dan contoh saat di kelas dan di luar kelas; (3) implementtasi pembelajaran aqidah akhlak bagi pembentukan sikap sosial siswa kelas V.A di MIN 1 Gunungkidul menunjukkan sikap sosial yang terbentuk dalam diri siswa yaitu jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, sopan santun, dan percaya diri; (4) faktor pendukung implementasi pembelajaran aqidah akhlak bagi pembentukan sikap sosial siswa kelas V.A di MIN 1 Gunungkidul meliputi: mushola, speaker, meja, kursi, buku paket aqidah akhlak, ruang kelas, semangat guru, adanya juz amma di setiap kelas, adanya evaluasi di tempat, faktor keluarga dan masyarakat. Faktor penghambat implementasi pembelajaran aqidah akhlak bagi pembentukan sikap sosial siswa kelas V.A di MIN 1 Gunungkidul meliputi: pengawasan siswa di luar sekolah, lingkungan luar yang kurang mendukung, faktor teman, dan faktor dari diri sendiri.en_US
dc.description.abstractThis study aims to investigate: (1) the implementation of Aqidah-Akhlak learning among the fifth-grade A in MIN 1 Gunungkidul; (2) the building of social character among the fifth-grade A in MIN 1 Gunungkidul; (3) the implementation of Aqidah-Akhlak for building social character among the fifth-grade A in MIN 1 Gunungkidul; (4) the factors which support and hinder the implementations of Aqidah-Akhlak for the building of social character among the fifth-grade A in MIN 1 Gunungkidul. This study is descriptive qualitative method that is focused towards field research in MIN 1 Gunungkidul. The subject of this research is the teachers of Aqidah-Akhlak and the fifth-grade A students in MIN 1 Gunungkidul. The object of this research is social character among the students of fifth-grade A in MIN 1 Gunungkidul. Data are gathered by observation, interview, and documentation. Data is analized using the data reduction, data display, adn conclussions drawing/verfying. This research reveals that: (1) the implementation of Aqidah-Akhlak learning for the building of social character among the fifth-grade A in MIN 1 Gunungkidul goes as planned, the implementation of Aqidah-Akhlak learning in the class goes as programmed, and the teachers make the learning evaluation for identifying the ability of students in the subject of Aqidah-Akhlak; (2) the building of social character among the fifth-grade A in MIN 1 Gunungkidul is identified by: the Aqidah-Akhlak teaching’s material that is integrated with the character building, the motivation and advice for students, the command and prohibition, and the communicative interaction in the class and outside the class; (3) the implementation of Aqidah-Akhlak for building social character among the fifth-grade A in MIN 1 Gunungkidul is indicated the ability of students to develop the character such as trustworthiness, discipline, responsibility, caring, respect, self-esteem; (4) the factors which support the implementations of Aqidah-Akhlak for the building of social character among the fifth-grade A in MIN 1 Gunungkidul are pray room, speaker, table, text book of Aqidah-Akhlak, classroom, teacher’s motivation, profiding juz amma in every class, good evaluation, family, and society. The factors that hinder the implementation of Aqidah-Akhlak for the building of social character among the fifthgrade A students in MIN 1 Gunungkidul are supervision of students’ activity outside class, unconducive society, peer pressure, and lack of self control.en_US
dc.publisherFAKULTAS AGAMA ISLAM UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTAen_US
dc.subjectThe Implementation of Aqidah-Akhlak Learning, Social Character Implementasi Pembelajaran Aqidah Akhlak, Sikap Sosialen_US
dc.titleIMPLEMENTASI PEMBELAJARAN AQIDAH AKHLAK BAGI PEMBENTUKAN SIKAP SOSIAL SISWA KELAS V.A DI MIN 1 GUNUNGKIDULen_US
dc.typeThesis SKR FAI 223en_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record