dc.contributor.author | ALAM, WINI ROMIZ | |
dc.date.accessioned | 2018-06-30T07:25:36Z | |
dc.date.available | 2018-06-30T07:25:36Z | |
dc.date.issued | 2018-01-06 | |
dc.identifier.uri | http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/19881 | |
dc.description | Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi program Mubalig Hijrah di Madrasah
Mu’allimin tahun 2017, ditinjau dari segi context, input, process, dan product. Jenis penelitian ini
adalah evaluatif ex post facto, menggunakan pendekatan mixed methode. Model evaluasi program
adalah CIPP dari Stufflebeam. Subyek penelitian terdiri dari Ketua Panitia Mubalig Hijrah tahun
2017, Pengurus Pimpinan Wilayah Muhammadiyah, Karyawan yang membidangi Mubalig Hijrah,
dan 50 peserta Mubalig Hijrah. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, dokumentasi, dan
kuesioner. Teknik analisis data kualitatif menggunakan teori Milles dan Huberman yang
mencangup empat tahap, yaitu: pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan
kesimpulan. Sedangkan data kuantitatif dianalisis dengan statistik deskriptif untuk aspek product
program Mubalig Hijrah.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Pada tahap konteks sudah efektif, dengan
adanya tujuan dan latar belakang diadakannya program yang telah diatur dengan sistematis. (2)
Pada aspek input, rekruitmen peserta tidak berjalan dengan bai. Karena siswa yang tidak masuk
kriteria tetap diikutkan oleh panitia. (3) Aspek process sudah berjalan sesuai rencana. Kegiatan
diawali dengan penerjuanan kemudian distribusi peserta oleh para pembimbing dan terakhir
penarikan. Program Mubalig Hijrah berlangsung selama dua puluh satu hari (4) Aspek product
dalam ketercapaian yang tidak terlalu bagus. Dengan melihat kinerja peserta Mubalig Hijrah,
sebanyak 55% program tidak sesuai tujuan dan hanya 45% saja yang sesuai. | en_US |
dc.description.abstract | This research aims to evaluate Mubalig Hijrah Program at Madrasah Mu’allimin in 2017,
observed from the perspective of context, input, process, and product. This is an evaluative ex post
facto research using mix method approach. The program evaluation model used is CIPP from
Stuffelbeam. The subjects of this research were the Head of Mubalig Hijrah 2017 committee, 1
member of Regional Muhammadiyah board, 1 staff of recruitment and Mu’allimin alumnus, and
50 participants of Mubalig Hijrah as the sample. The technique of data collection was carried out
using interview, documentation and questionnaire. The technique for analysing qualitative data
used Miles and Huberman theory, then the quantitative data was analysed using descriptive
statistics formula to find out the success of the program.
The research results reveal that (1) On the context stage, it has been effective, by providing
purpose and background for conducting the program that is arranged well by the committee. (2)
On the input stage, especially participants recruitment, the selection is not fair. Because even the
students who do not fulfill the criteria are still allowed by the committee to participate. (3) Aspects
of the process are running as planned. Activity begins with the subsequent tracking and distribution
of the participants by the mentors and the last withdrawal. The Mubalig Hijrah program lasts
twenty-one days. (4)Product aspect in achievement that is not too good. By looking at the
performance of Mubalig Hijrah participants, 55% of programs are not matching goals and only
45% are appropriate. | en_US |
dc.publisher | FAI UMY | en_US |
dc.subject | Program Evaluation, Mubalig Hijrah. Evaluasi Program, Mubalig Hijrah | en_US |
dc.title | EVALUASI PROGRAM MUBALIG HIJRAH TAHUN 2017 DI MADRASAH MU’ALLIMIN MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA | en_US |
dc.type | Thesis
SKR
FAI
093 | en_US |