dc.contributor.author | GHOZALI, AHMAD | |
dc.date.accessioned | 2018-08-24T06:24:24Z | |
dc.date.available | 2018-08-24T06:24:24Z | |
dc.date.issued | 2018-05-15 | |
dc.identifier.uri | http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/20779 | |
dc.description | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui fungsi indra manusia dalam proses pembelajaran dan metode yang relevan dalam pembelajaran menurut al-Qur’an surah an-Nah{l ayat 78. Penelitian ini merupakan penelitian pustaka (library research). Metode pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi dengan menghimpun data dari sumber primer dan sekunder. Metode analisis data berupa konten-analisis dengan menggunakan pendekatan tafsir tematik yang dirumuskan oleh Abd al-Hayy al-Farma>wi.
Berdasarkan penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa fungsi indra manusia dalam proses pembelajaran yang sesuai dengan al-Qur’an surah an-Nah{l ayat 78 adalah sebagai instrumen untuk mendapatkan pengetahuan yang disampaikan. Indra pendengaran berfungsi menangkap suara yang mengandung konten pengetahuan, sehingga sumber suara tersebut harus jelas agar dapat ditangkap oleh telinga. Indra penglihatan mampu merekam benda konkrit yang memuat nilai pengetahuan. Akal dapat memahami suatu pengetahuan yang logis. Oleh karena itu metode yang relevan dalam pembelajaran sesuai dengan al-Qur’an surah an-Nah{l ayat 78 adalah dengan gaya belajar auditorial dan visual. | en_US |
dc.publisher | FAI UMY | en_US |
dc.subject | Indra pendengaran, penglihatan, akal, dan proses pembelajaran. | en_US |
dc.title | FUNGSI INDRA MANUSIA DALAM PROSES PEMBELAJARAN PADA AL-QUR’AN SURAH AN-NAH>{L AYAT 78 | en_US |
dc.title.alternative | (STUDI TAFSIR TEMATIK) | en_US |
dc.type | Thesis
SKR
FAI
028 | en_US |