dc.contributor.advisor | SURYADI, DEDI | |
dc.contributor.advisor | SAVANA, AZIZIA FREDA | |
dc.contributor.author | IRAWAN, PUNA | |
dc.date.accessioned | 2018-08-25T01:44:08Z | |
dc.date.available | 2018-08-25T01:44:08Z | |
dc.date.issued | 2018-08-10 | |
dc.identifier.uri | http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/20792 | |
dc.description | Bagi pembelajar yang kurang paham dalam bentuk kata kerja dasar bahasa Jepang, mungkin dapat menyebabkan kesulitan ketika akan membuat bentuk kata kerja, oleh karena itu diperlukan metode pembelajaran yang tepat, praktis dan efisien sebagai penunjang belajar bahas Jepang khususnya kata kerja. Wujud dari tanggung jawab dalam mengatasi kesulitan pembelajar pemula tersebut adalah dengan meningkatkan kualitas pembelajaran. Pelaksanaan pembelajaran merupakan hal yang sangat penting dalam pendidikan. Metode Yubihakari merupakan inovasi metode jari. Menurut penemu awal metode ini Septi Peni Wulandani metode jaritmatika adalah metode berhitung menggunakan jari tangan. Dengan inovasi metode yubihakari diharakan siswa mampu memahami perubahan kata bentuk kerja dengan mudah dan menyenangkan tidak membosankan.
Berdasarkan hasil penelitian penerapan metode Yubihakari dalam pembelajaran bahasa Jepang pada siswa SMA N 7 Yogyakarta Tahun Ajaran 2017/2018 dapat diterapkan dan meningkatkan hasil belajar ditunjukan dengan hasil rata-rata hasil post-test pada siswa kelas XI IPS 1 dengan penggunaan metode Yubihakari yaitu sebesar 77,5 dengan nilai tertinggi 100 dan nilai terendah 70. Setelah dilakukan penerapan metode Yubihakari, maka memiliki pengaruh positif, hal tersebut dapat dilihat uji hipotesis yang menunjukkan bahwa nilai signifikansi yang diperoleh sebesar 0,036 lebih kecil dari taraf signifikansi 0,05. Maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode Yubihakari dapat diterapkan dalam pembelajaran bahas Jepang khususnya perubahan kata kerja dasar (doushi) dan memberikan pengaruh positif terhadap hasil belajar bahasa Jepang siswa kelas XI SMA N 7 Yogyakarta..。 | en_US |
dc.description.abstract | For learners who do not understand in the form of basic verbs in Japanese, it may cause difficulties when making verb forms, therefore it is necessary to have appropriate, practical and efficient learning methods as learning support to discuss Japanese, especially verbs. The form of responsibility in overcoming the difficulties of beginner learners is by improving the quality of learning. The implementation of learning is very important in education. The Yubihakari method is a finger method innovation. According to the initial inventor of this method, Septi Peni Wulandani, the fingermatic method is a method of counting using fingers. With the innovation of the Yubihakari method, students are expected to be able to understand changes in work form words easily and pleasantly not boring.
Based on the results of the application of the Yubihakari method in learning Japanese for students of SMA N 7 Yogyakarta Academic Year 2017/2018 can be applied and improve learning outcomes indicated by the average results of the post-test results on class XI IPS 1 with the use of Yubihakari method that is equal to 77, 5 with the highest score of 100 and the lowest score of 70. After the implementation of the Yubihakari method, it has a positive influence, it can be seen testing the hypothesis which shows that the significance value obtained is 0.036 smaller than the significance level of 0.05. So it can be concluded that the use of the Yubihakari method can be applied in learning Japanese discussion, especially changes in the basic verb (doushi) and provide a positive influence on the results of Japanese language learning for students of class XI SMA 7 Yogyakarta | en_US |
dc.publisher | FAKULTAS PENDIDIKAN BAHASA UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA | en_US |
dc.subject | Yubihakari method, Doushi verb | en_US |
dc.title | PENERAPAN METODE YUBIHAKARI DALAM PEMBELAJARAN PERUBAHAN KATA KERJA DASAR BAHASA JEPANG | en_US |
dc.title.alternative | Studi Deskriptif Pada Siswa / Siswi SMAN 7 Yogyakarta Tahun Ajaran 2017/2018 | en_US |
dc.type | Thesis
SKR
FPB
080 | en_US |