Show simple item record

dc.contributor.authorTAMSIL, RAMZAH
dc.date.accessioned2018-08-25T04:26:53Z
dc.date.available2018-08-25T04:26:53Z
dc.date.issued2018-08-25
dc.identifier.urihttp://repository.umy.ac.id/handle/123456789/20806
dc.descriptionKesehatan merupakan salah satu indikator kesejahteraan masyarakat. Untuk itu seluruh masyarakat membutuhkan pelayanan yang bermutu untuk memenuhi kebutuhan dasarnya. Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama merupakan pihak terdepan dalam pelayanan kesehatan masyarakat yang diharapkan dapat memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat, terutama pelayanan untuk peserta Jaminan Kesehatan yang bersifat wajib bagi seluruh masyarakat. penelitian ini ingin mengetahui bagaimana mutu pelayanan pada fasilitas kesehatan tingkat pertama dan faktor-faktor yang mempengaruhi mutu pelayanan pada fasilitas kesehatan tingkat pertama dalam pelaksanaan Program JKN di Kabupaten Tojo Una-Una. Dimensi mutu yang menjadi pengukur mutu pelayanan kesehatan yaitu dimensi standar SDM puskesmas, kompetensi teknis, akses terhadap pelayanan, efektivitas, hubungan antar manusia, dan kelangsungan pelayanan. Penelitian ini menggunakan pendekatan Mixed Methods Research. Teknik pengumpulan data penelitian dengan menggunakan wawancara dan angket yang diukur dengan menggunakan skala Likert. Untuk kesimpulan yang didapatkan dalam penelitian ini adalah mutu pelayanan pada fasilitas kesehatan tingkat pertama dalam pelaksanaan Program JKN di Kabupaten Tojo Una-Una Provinsi Sulawesi Tengah sudah tergolong cukup baik, dengan indeks parameter sebesar 3,40 yang artinya faskes tingkat pertama harus lebih ditingkatkan lagi dalam hal mutu pelayanan program JKN. Serta harus lebih memperhatikan factorfaktor pendukung seperti perilaku tenaga medis dalam memberikan pelayanan dan sarana dan prasarana kesehatan yang tersedia.en_US
dc.description.abstractKesehatan merupakan salah satu indikator kesejahteraan masyarakat. Untuk itu seluruh masyarakat membutuhkan pelayanan yang bermutu untuk memenuhi kebutuhan dasarnya. Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama merupakan pihak terdepan dalam pelayanan kesehatan masyarakat yang diharapkan dapat memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat, terutama pelayanan untuk peserta Jaminan Kesehatan yang bersifat wajib bagi seluruh masyarakat. penelitian ini ingin mengetahui bagaimana mutu pelayanan pada fasilitas kesehatan tingkat pertama dan faktor-faktor yang mempengaruhi mutu pelayanan pada fasilitas kesehatan tingkat pertama dalam pelaksanaan Program JKN di Kabupaten Tojo Una-Una. Dimensi mutu yang menjadi pengukur mutu pelayanan kesehatan yaitu dimensi standar SDM puskesmas, kompetensi teknis, akses terhadap pelayanan, efektivitas, hubungan antar manusia, dan kelangsungan pelayanan. Penelitian ini menggunakan pendekatan Mixed Methods Research. Teknik pengumpulan data penelitian dengan menggunakan wawancara dan angket yang diukur dengan menggunakan skala Likert. Untuk kesimpulan yang didapatkan dalam penelitian ini adalah mutu pelayanan pada fasilitas kesehatan tingkat pertama dalam pelaksanaan Program JKN di Kabupaten Tojo Una-Una Provinsi Sulawesi Tengah sudah tergolong cukup baik, dengan indeks parameter sebesar 3,40 yang artinya faskes tingkat pertama harus lebih ditingkatkan lagi dalam hal mutu pelayanan program JKN. Serta harus lebih memperhatikan factorfaktor pendukung seperti perilaku tenaga medis dalam memberikan pelayanan dan sarana dan prasarana kesehatan yang tersedia.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherMIP UMYen_US
dc.subjectJAMINAN KESEHATAN NASIONALen_US
dc.subjectMUTU PELAYANAN KESEHATANen_US
dc.subjectFASKES TINGKAT PERTAMAen_US
dc.titleANALISIS MUTU PELAYANAN PROGRAM JAMINAN KESEHATAN NASIONAL PADA FASILITAS KESEHATAN TINGKAT PERTAMA DI KABUPATEN TOJO UNA-UNA PROVINSI SULAWESI TENGAHen_US
dc.typeThesisen_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record