ANALISIS MUTU PELAYANAN PROGRAM JAMINAN KESEHATAN NASIONAL PADA FASILITAS KESEHATAN TINGKAT PERTAMA DI KABUPATEN TOJO UNA-UNA PROVINSI SULAWESI TENGAH
Abstract
Kesehatan merupakan salah satu indikator kesejahteraan masyarakat.
Untuk itu seluruh masyarakat membutuhkan pelayanan yang bermutu untuk
memenuhi kebutuhan dasarnya. Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama merupakan
pihak terdepan dalam pelayanan kesehatan masyarakat yang diharapkan dapat
memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat, terutama pelayanan
untuk peserta Jaminan Kesehatan yang bersifat wajib bagi seluruh masyarakat.
penelitian ini ingin mengetahui bagaimana mutu pelayanan pada fasilitas
kesehatan tingkat pertama dan faktor-faktor yang mempengaruhi mutu pelayanan
pada fasilitas kesehatan tingkat pertama dalam pelaksanaan Program JKN di
Kabupaten Tojo Una-Una. Dimensi mutu yang menjadi pengukur mutu pelayanan
kesehatan yaitu dimensi standar SDM puskesmas, kompetensi teknis, akses
terhadap pelayanan, efektivitas, hubungan antar manusia, dan kelangsungan
pelayanan. Penelitian ini menggunakan pendekatan Mixed Methods Research.
Teknik pengumpulan data penelitian dengan menggunakan wawancara dan angket
yang diukur dengan menggunakan skala Likert. Untuk kesimpulan yang
didapatkan dalam penelitian ini adalah mutu pelayanan pada fasilitas kesehatan
tingkat pertama dalam pelaksanaan Program JKN di Kabupaten Tojo Una-Una
Provinsi Sulawesi Tengah sudah tergolong cukup baik, dengan indeks parameter
sebesar 3,40 yang artinya faskes tingkat pertama harus lebih ditingkatkan lagi
dalam hal mutu pelayanan program JKN. Serta harus lebih memperhatikan factorfaktor
pendukung seperti perilaku tenaga medis dalam memberikan pelayanan dan
sarana dan prasarana kesehatan yang tersedia.