Show simple item record

dc.contributor.authorDININGSIH, SHELLA DWI CAHYA
dc.date.accessioned2018-08-27T02:28:25Z
dc.date.available2018-08-27T02:28:25Z
dc.date.issued2018-05-07
dc.identifier.urihttp://repository.umy.ac.id/handle/123456789/20827
dc.descriptionPenelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan pengaruh media sosial Instagram terhadap akhlak malu siswa kelas XI SMA Muhammadiyah 5 Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan jenis kuantitatif deskriptif. Penelitian ini menggunakan teknik sampling Nonprobability Sampling dengan berjumlah 62, namun dikurangi 3 responden, karena 3 responden tersebut tidak menggunakan akun Instagram, jadi total responden berjumlah 59 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, dokumentasi dan wawancara. Data dikumpulkan dengan kuesioner model skala Likert. Uji validitas menggunakan Product Moment dan uji reliabilitas menggunakan Alpha Cronbach.Untuk teknik analisis data peneliti menggunakan uji normalitas data, uji regresi linier, uji anova dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, ada pengaruh yang signifikan antara penggunaan media sosial Instagram terhadap akhlak malu siswa kelas XI SMA Muhammadiyah 5 Yogyakarta, sebagaimana dapat dilihat dari nilai r hitung bernilai 0,828 lebih besar dari r tabel dengan taraf signifikan 5% yang menghasilkan angka 0,254. Kemudian pada tingkat kecenderungan penggunaan media sosial Instagram pada siswa kelas XI SMA Muhammadiyah 5 Yogyakarta termasuk dalam kategori tinggi yaitu sebesar 51%.Sedangkan pada tingkat kecenderungan dalam akhlak malu siswa kelas XI SMA Muhammadiyah 5 Yogyakarta termasuk dalam kategori rendah yaitu sebesar 66%.Artinya, dari beberapa siswa adalah pengguna aktif media sosial Instagram dan sebagian siswa masih belum memiliki rasa malu dalam mengupdate status, mengupload foto ataupun video dengan lawan jenis dan mengumbar aurat. Pada nilai R square sebesar 0,001 yang artinya pengaruh media sosial Instagram (X) terhadap akhlak malu siswa (Y) sebesar 0,1 % dan 99,9% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dianalisis dalam penelitian ini. Hal ini menunjukkan bahwa, media sosial Instagram bukanlah faktor utama yang mempengaruhi akhlak malu siswa, namun masih banyak faktor lain yang mempengaruhi akhlak malu siswa.en_US
dc.description.abstractThis research used descriptive quantitative type. This study used Nonprobability sampling technique with total sample 62, but minus 3 respondents, because 3 respondents do not use Instagram account, so the total respondents is 59 students. The data collection technique used questionnaires, documentation and interviews. The data were collected with Likert scale model questionnaire. Validity test using Product Moment and reliability test using Alpha Cronbach. The data analysis technique that used by the researcher are normality data test, linear regression test, anova test and hypothesis test. The result of the research shows that there is significant influence between usage of Instagram social media toward shame morality of students’ class XI of SMA Muhammadiyah 5 Yogyakarta, as can be seen from value of r count 0,828 bigger than r table with 5% significant level that resulted 0,254. Then at the level of tendency of use of Instagram social media at students of class XI SMA Muhammadiyah 5 Yogyakarta included in high category that is equal to 51%. While at the level of tendency in shame morality of class XI students of SMA Muhammadiyah 5 Yogyakarta included in the low category that is equal to 66%. It means that some students are active users of Instagram social media and some students still do not have the shame in updating the status, uploading photos or video with the opposite sex and show their private parts (aurat). At the R square value of 0.001 which means the influence of Instagram social media (X) to students’ shame morality (Y) is 0.1% and 99.9% influenced by other factors which do not analyzed in this study. It shows that, Instagram social media is not the main factor affecting the morality of students, but there are many other factors that affect student’s shame morality.en_US
dc.publisherFAI UMYen_US
dc.subjectInfluence, Instagram Social Media, Students’ Shame Morality. Pengaruh, Media Sosial Instagram, Akhlak Malu Siswa.en_US
dc.titlePENGARUH MEDIA SOSIAL INSTAGRAM TERHADAP AKHLAK MALU SISWA KELAS XI SMA MUHAMMADIYAH 5 YOGYAKARTAen_US
dc.typeThesis SKR FAI 109en_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record