Show simple item record

dc.contributor.advisorISHAK, ASWADI
dc.contributor.authorSAKTI, FAJAR TRI
dc.date.accessioned2018-08-27T02:51:27Z
dc.date.available2018-08-27T02:51:27Z
dc.date.issued2018-04-30
dc.identifier.urihttp://repository.umy.ac.id/handle/123456789/20833
dc.descriptionPada tahun 2016, Kapolri Jendral Tito Karnavian menentapkan program Promoter (profesional, modern, terpercaya) sebagai upaya dalam meningkatkan kepercayaan publik terhadap Polri. Promoter mempunyai 11 program unggulan, dimana humas Polri melaksanakan poin no 8 yakni “Penguatan Harkamtibmas (Pemeliharaan Keamanan dan Ketertiban Masyarakat)” dan citra yang ingin dibentuk ialah citra humanis Polri. Public Relations atau humas harus memberikan penerangan dan informasi kepada masyarakat tentang kebijakan serta tujuan yang akan dicapai oleh pemerintah. Tujuan tersebut merupakan salah satu upaya humas untuk menciptakan opini publik yang positif demi tercapainya citra yang positif. Kunci keberhasilan humas ialah adanya kepercayaan dari publik, kepercayaan tersebut akan dapat diraih jika lembaga yang bersangkutan memiliki citra yang positif dimata masyarakat. Untuk memperoleh citra yang baik, maka seorang praktisi humas harus mampu menciptakan citra baik lembaganya, dengan melakukan kegiatan-kegiatan yang bertujuan untuk memperoleh kepercayaan, good will dan saling pengertian. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peran Bidhumas Polda Jateng dalam meningkatkan citra dengan implementasi cyber PR dan memanfaatkan media online. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode penelitian deskriptif teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam, penulis telah mewawancarai 4 narasumber yang berkaitan dengan penelitian. Berdasarkan hasil penelitian secara keseluruhan dapat diketahui bahwa Bidhumas Polda Jateng menjalankan peran sebagai penasehat ahli dan fasilitator pemecah masalah apabila berkaitan dengan tugas humas saja. Sedangkan peran sebagai fasilitator komunikasi dan teknisi komunikasi merupakan peran yang utama dijalankan oleh Bidhumas Polda Jateng. Counter opini digunakan sebagai implementasi cyber PR dengan diaplikasikannya pada monitoring media online. Sedangkan untuk membentuk citra yang humanis Bidhumas Polda Jateng mengaplikasikannya pada rilis berita di website dengan menggunakan teknik jurnalistik berita feature dan pengambilan gambar menggunakan teknik fotografi human interest.en_US
dc.description.abstractPada tahun 2016, Kapolri Jendral Tito Karnavian menentapkan program Promoter (profesional, modern, terpercaya) sebagai upaya dalam meningkatkan kepercayaan publik terhadap Polri. Promoter mempunyai 11 program unggulan, dimana humas Polri melaksanakan poin no 8 yakni “Penguatan Harkamtibmas (Pemeliharaan Keamanan dan Ketertiban Masyarakat)” dan citra yang ingin dibentuk ialah citra humanis Polri. Public Relations atau humas harus memberikan penerangan dan informasi kepada masyarakat tentang kebijakan serta tujuan yang akan dicapai oleh pemerintah. Tujuan tersebut merupakan salah satu upaya humas untuk menciptakan opini publik yang positif demi tercapainya citra yang positif. Kunci keberhasilan humas ialah adanya kepercayaan dari publik, kepercayaan tersebut akan dapat diraih jika lembaga yang bersangkutan memiliki citra yang positif dimata masyarakat. Untuk memperoleh citra yang baik, maka seorang praktisi humas harus mampu menciptakan citra baik lembaganya, dengan melakukan kegiatan-kegiatan yang bertujuan untuk memperoleh kepercayaan, good will dan saling pengertian. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peran Bidhumas Polda Jateng dalam meningkatkan citra dengan implementasi cyber PR dan memanfaatkan media online. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode penelitian deskriptif teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam, penulis telah mewawancarai 4 narasumber yang berkaitan dengan penelitian. Berdasarkan hasil penelitian secara keseluruhan dapat diketahui bahwa Bidhumas Polda Jateng menjalankan peran sebagai penasehat ahli dan fasilitator pemecah masalah apabila berkaitan dengan tugas humas saja. Sedangkan peran sebagai fasilitator komunikasi dan teknisi komunikasi merupakan peran yang utama dijalankan oleh Bidhumas Polda Jateng. Counter opini digunakan sebagai implementasi cyber PR dengan diaplikasikannya pada monitoring media online. Sedangkan untuk membentuk citra yang humanis Bidhumas Polda Jateng mengaplikasikannya pada rilis berita di website dengan menggunakan teknik jurnalistik berita feature dan pengambilan gambar menggunakan teknik fotografi human interest.en_US
dc.publisherFAKULTAS ILMU SOSIAL DAN POLITIK UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTAen_US
dc.subjectcyber PR, Kepercayaan, Citra Humanisen_US
dc.titleIMPLEMENTASI CYBER PUBLIC RELATIONS DALAM MENINGKATKAN CITRA POLDA JAWA TENGAH TAHUN 2016en_US
dc.typeThesis SKR FISIP 379en_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record