PENGARUH EKUITAS MEREK DAN SYARIAH MARKETING TACTIC TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PADA BANK SYARIAH MANDIRI YOGYAKARTA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh ekuitas merek dan syariah
marketing tactic terhadap keputusan pembelian konsumen pada Bank Syariah
Mandiri Yogyakrta, serta menganalisis seberapa besar pengaruh dari setiap
variabel dan variabel yang paling dominan terhadap keputusan pembelian
konsumen. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Data dikumpulkan
menggunakan kuesioner dengan teknik Acciddental Sampling dimana nasabah
yang selesai melakukan transaksi di Bank Syariah Mandiri dan bertemu dengan
peneliti berpeluang menjadi responden. Jumlah responden ditentukan
menggunakan formula Joseph Hair sebanyak 100 orang. Analisis yang digunakan
pada penelitian ini adalah regresi linier berganda dan UJI T dengan menggunakan
alat analisis SmartPLS 3. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel ekuitas
merek tidak berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian
konsumen, sedangkan variabel syariah marketing tactic memiliki pengaruh positif
dan signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen.