Browsing Department of Economics and Islamic Banking by Author "MARTIANA, ANDRI"
Now showing items 1-17 of 17
-
ANALISIS KINERJA BANK PEMBIAYAAN RAKYAT SYARIAH BERDASARKAN MAQASHID SYARIAH INDEX PERIODE 2014-2016 DI DIY
J, JAM’IYATUSSAADAH (FAI UMY, 2017-12)This research aimed at learning about the performance of BPRS in DIY (Yogyakarta Special Region) by using maqashid sharia index. The data collected were BPRS reports that were submitted every three months during the ... -
ANALISIS PENERAPAN ETIKA BISNIS ISLAM DALAM USAHA PENGOLAHAN PANGAN
SHOLIHAH, SARAH ARBAATUS (FAI UMY, 2017-05-17)Implementasi standar kualitas dan manajemen merupakan salah satu hal yang penting dalam pengolahan pangan. Dalam Islam nilai-nilai standar kualitas dan manajemen terangkum dalam etika bisnis Islam. Bagi pedagang muslim ... -
ANALISIS PENGARUH FAKTOR BUDAYA, SOSIAL DAN PRIBADI PADA PERILAKU KONSUMEN TERHADAP KEPUTUSAN MENABUNG DI BMT
RAMADHAN, DIMAS NURUL (FAKULTAS AGAMA ISLAM UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA, 2019-10-09)In this study, the researcher used quantitative research method. The method used in the sampling was purposive sampling with the following criteria for the study: has been a member of BMT for more than one year and ... -
ANALISIS PENGARUH PEMBIAYAAN PRODUKTIF DAN PENDAMPINGAN USAHA DI BMT TERHADAP PENINGKATAN PENDAPATAN USAHA ANGGOTA
AZIZ, MUHAMMAD AMRIN (FAKULTAS AGAMA ISLAM UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA, 2019-10-09)This research aims to analyze the effects of productive financing and business assistance done by BMT toward its members’ increasing business income. The population of the research was the members of productive financing ... -
ANALISIS PERAN PENDISTRIBUSIAN ZAKAT, INFAQ, SEDEKAH DAN WAKAF (ZISWAF) DALAM MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT
NABILA, MEUTHIA (FAI UMY, 2017-05-10)Mayoritas masyarakat Indonesia beragama Islam dan Islam memiliki dana filantropi berupa Zakat, Infaq, Sedekah dan Wakaf (ZISWAF) yang jika diolah dengan baik bisa membebaskan negara dari persoalan kemiskinan. Tetapi faktanya ... -
FAKTOR- FAKTOR PENGHAMBAT PERKEMBANGAN UNIT USAHA DI PONDOK PESANTREN ASY SYIFA’ MUHAMMADIYAH BANTUL YOGYAKARTA
AMALIA, ULF RIZKI (FAKULTAS AGAMA ISLAM UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA, 2018)Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor penghambat perkembangan unit usaha di Pondok Pesantren Asy Syifa’ Muhammadiyah Bantul Yogyakarta, serta untuk menjelaskan bagaimana faktor tersebut dapat menjadi ... -
IMPLEMENTASI ETIKA BISNIS ISLAM PADA USAHA MAKANAN
LAKSONO, SATRIO JATI (FAI UMY, 2017-12-28)The life of every human being is governed by the Al-Quran and Hadith in Islam. One of them is a business activity. To run a business, Islamic business ethic is an important aspect to be implemented by every Muslim seller. ... -
IMPLEMENTASI KONSEP MAQASHID SYARIAH PADA STRATEGI PENGEMBANGAN UMKM SEKTOR PERDAGANGAN DI KABUPATEN SLEMAN DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA
AMALIA, RIZKY NURUL (FAKULTAS AGAMA ISLAM UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA, 2018-05-02)Maqashid syariah merupakan suatu tujuan menuju syariah atau jalan menuju sumber pokok kehidupan yaitu kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala. Menurut Al-Syatibi, sesungguhnya syariat itu bertujuan untuk mewujudkan kemaslahatan ... -
IMPLEMENTASI SHARIAH ENTERPRISE THEORY PADA CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY PERBANKAN SYARIAH DI INDONESIA (STUDI PADA LAPORAN TAHUNAN BANK MUAMALAT INDONESIA PERIODE 2016)
SAPUTRI, NOVITA (FAKULTAS AGAMA ISLAM UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA, 2018-11-30)Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat kesesuaian implementasi Shariah Enterprise Theory dalam pelaporan pelaksanaan Corporate Social Responsibility di Bank Muamalat periode 2016. Jenis penelitian ini adalah ... -
KONSEP MEKANISME PASAR IBNU KHALDUN DAN RELEVANSINYA TERHADAP KEMISKINAN DI INDONESIA
KHOIRUDDIN, MOCHAMMAD (FAI UMY, 2017-12-18)The market is a mechanism of exchange of goods and services that are natural and have been going on since the earliest human civilization. Islam puts the market in a very important position, in the market economy has ... -
PENGARUH FAKTOR EMOSIONAL, MOTIVASI INDIVIDU, DAN SOSIAL TERHADAP MINAT PEGAWAI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA DALAM MEMILIH PEMBIAYAAN MURABAHAH PADA ISLAMIC MICROFINANCE
TRIA, TRIA (FAKULTAS AGAMA ISLAM UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA, 2018-08-24)This study aims to determine emotional factors, individual motivation, social influences on the interest of employees of the University of Muhammadiyah Yogyakarta in choosing murabahah financing for Islamic microfinance ... -
PENGARUH SHARIA COMPLIANCE DAN ISLAMIC CORPORATE GOVERNANCE TERHADAP PROFITABILITAS PADA BANK UMUM SYARIAH PERIODE: 2013-2017
ISWANTO, ANDRI (FAKULTAS AGAMA ISLAM UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA, 2019-03-14)Basically, all sharia-based institutions have an applicable legal basis where the legal basis must refer to the Qur'an and Hadith. Likewise with Islamic banking in getting profits. Where Islamic banking must comply with ... -
PERAN PEMBIAYAAN DENGAN JAMINAN ATAS UNJUK DALAM MENGEMBANGKAN USAHA MIKRO
TETUKO, NUR MUHAMMAD ISTIQLAL KRIDA HARIO (FAKULTAS AGAMA ISLAM UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA, 2017-08-14)BPRS Mitra Amal Mulia (BPRS MAM) cabang Wonosari merupakan lembaga keuangan dengan prinsip syariah. BPRS MAM juga melayani transaksi pendanaan (tabungan dan deposito), Pembiayaan, dan layanan Zakat, Infaq, Shadaqah (ZIS). ... -
PERILAKU KONSUMSI ISLAM BERDASARKAN FAKTOR EKONOMIS
FAHRIUSYA, FAJRIN (FAKULTAS AGAMA ISLAM UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA, 2018)Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pola perilaku konsumsi Islam Mahasiswa Jurusan Ekonomi Syariah dan Ekonomi Pembangunan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, berdasarkan kaidah kuantitas yang meliputi ... -
PERSEPSI PELAKU USAHA MAKANAN DAN MINUMAN HALAL TERHADAP PERBANKAN SYARIAH
ARRAHMAN, MUHAMAD GHOIST (FAKULTAS AGAMA ISLAM UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA, 2017-12-23)In the development of economic business in Indonesia, the contribution of the industrial sector since 2000 to date is ranked first in the formation of Gross Domestic Product (GDP). Especially the food and beverage industry, ... -
PROGRAM PELATIHAN INTERNET MARKETING BERBASIS SEDEKAH GUNA MENINGKATKAN KUALITAS PEMASARAN UMKM DI YOGYAKARTA
ANANTA, GUSTMAWAN YOGI (FAI UMY, 2017-12-18)This study aims to find out how the mechanism and internet marketing training based on alms through internet marketing class program implemented by the Yayasan Sedekah Ilmu, how the influence of internet marketing class ... -
ZAKAT, INFAK, SEDEKAH (ZIS) PRODUKTIF UNTUK PENGEMBANGAN USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH (UMKM)
WIBAWA, WAHID ADHI (FAI UMY, 2017-12-18)This research was aimed to know the mechanism of UMKM development based on zakat, infak, and alms productive funds (ZIS) in Rumah Zakat Yogyakarta through the program of Senyum Mandiri and the effects of UMKM development ...