BIAYA BERALIH SEBAGAI VARIABEL PEMODERASI PENGARUH CITRA PERUSAHAAN DAN TRUST TERHADAP SWITCHING INTENTION NASABAH BANK MUAMALAT
Abstract
Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengidentifikasi peran biaya beralih (switching cost) sebagai variabel pemoderasi dalam pengaruh citra perusahaan dan trust terhadap switching intention pada nasabah Bank Muamalat Indonesia. Penelitian ini mencoba menjawab keadaan nasabah Bank Muamalat Indonesia dengan menggunakan Reinforcement Theory dalam konteks switching intention. Peneliti memeriksa apakah variabel citra perusahaan, trust dan biaya beralih memainkan peran penting dalam studi customer switching intention. Pada penelitian ini dilakukan penyebaran kuesioner kepada 296 nasabah Bank Muamalat Indonesia. Teknik sampling yang digunakan adalah accidental sampling. Alat analisis menggunakan program software IBM SPSS Statistic Version 24. Data dikumpulkan melalui kuesioner offline dan online kemudian dianalisis menggunakan Moderated Regression Analysis (MRA). Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) citra perusahaan berpengaruh negatif terhadap switching intention, 2) trust berpengaruh negatif terhadap switching intention, 3) biaya beralih berhasil memoderasi pengaruh negatif citra perusahaan terhadap switching intention dan 4) biaya beralih berhasil memoderasi pengaruh negatif trust terhadap switching intention.