PENGARUH WORD OF MOUTH, KUALITAS LAYANAN DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN MENJADI NASABAH PEMBIAYAAN MURABAHAH
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh word of mouth, kualitas layanan, dan kualitas produk terhadap keputusan nasabah pembiayaan murabahah. Objek penelitian ini adalah nasabah pada pembiayaan murabahah pada BPRS Kotabumi. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian survei yang mengunakan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan kuisioner yang dibagikan kepada nasabah pembiayaan Murabahah pada BPRS Kotabumi di Lampung Utara. Sampel yang dipilih sebanyak 74 responden yang dipilih dengan menggunakan metode purposive sampling dan dianalisis dengan bantuan aplikasi SPSS dengan software IBM SPSS Statistic versi 20.Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan ketiga variabel independen yaitu word of mouth, kualitas layanan dan kualitas produk memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan nasabah pembiayaan.