View Item 
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Islamic Studies
      • Department of Tarbiyah
      • View Item
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Islamic Studies
      • Department of Tarbiyah
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      STRATEGI PENDIDIKAN PRA BALIG DI SEKOLAH TAḤFĪẒ PLUS SD KHOIRU UMMAH CABANG SLEMAN

      Thumbnail
      View/Open
      COVER (144.2Kb)
      HALAMAN JUDUL (1.239Mb)
      NOTA DINAS (497.6Kb)
      HALAMAN PENGESAHAN (212.8Kb)
      ABSTRAK (321.3Kb)
      BAB I (250.0Kb)
      BAB II (572.2Kb)
      BAB III (242.4Kb)
      BAB IV (1.052Mb)
      BAB V (335.4Kb)
      DAFTAR PUSTAKA (341.0Kb)
      LAMPIRAN (1.692Mb)
      NASKAH PUBLIKASI (791.8Kb)
      Date
      2018
      Author
      HUMAIDA, LISANA ALIYYA
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      Pendidikan pra balig memiliki peranan penting dalam memberikan bekal pemahaman sekaligus membangun kesiapan anak dalam menghadapi masa balig. Sekolah Taḥfīẓ Plus SD Khoiru Ummah Cabang Sleman memiliki konsep pendidikan pra balig dan telah menerapkannya pada jenjang Sekolah Dasar (SD). Berdasarkan hal tersebut penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendekripsikan bagaimana strategi pendidikan pra balig serta mengidentifikasi kendala-kendala yang dialami dan upaya penanganannya di Sekolah Taḥfīẓ Plus SD Khoiru Ummah Cabang Sleman. Jenis penelitian ini adalah studi kasus dengan menggunakan pendekatan kuatitatif deskriptif. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun teknik analisis datanya menggunakan teknik analisis data model interaktif menurut Miles dan Huberman yang terdiri atas empat tahapan yaitu pengumpulan data, tahapan reduksi data, tahap display data, tahap penarikan kesimpulan dan atau tahap verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan pra balig di Sekolah Taḥfīẓ Plus SD Khoiru Ummah Cabang dilakukan dengan empat tahapan yaitu : menanamkan akidah, membangun keterikatan terhadap hukum syara’, menguatkan keterikatan kepada hukum syara’, dan melaksanakan amar ma’ruf nahi munkar. Tahapan ini dilaksanakan dengan menggunakan pendekatan formal struktural dan formal non struktural. Pendekatan formal struktural diimplementasikan melalui Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) pelajaran ṡaqōfah dan kegiatan fiqih nisa’. Sedangkan pendekatan formal non struktural diimplementasikan melalui proses pencerapan nilai-nilai Islam pada setiap mata pelajaran yang diberikan kepada siswa. Selain pendekatan formal struktural dan formal non struktural, pendekatan yang digunakan adalah melalui penerapan budaya sekolah, pembinaan pergaulan antara siswa dan amaliyah ibadah harian. Metode utama yang digunakan adalah talqiyan fikriyan, yaitu metode yang mendorong anak untuk berpikir rasional dengan pola pikir Islami. Selain itu sekolah ini juga menerapkan beberapa metode lain seperti keteladanan, adat istiadat, nasihat, perhatian, hukuman dan reward. Adapun dalam proses pelaksanaanya, sekolah menghadapi beberapa kendala yang berasal dari peran orang tua, guru, siswa, masyarakat dan faktor ekternal.
      URI
      http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/21047
      Collections
      • Department of Tarbiyah

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV
       

       

      Browse

      All of UMY RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV