Show simple item record

dc.contributor.advisorNURCAHYADI, TEDDY
dc.contributor.advisorSANTOSO, TITO HADJI AGUNG
dc.contributor.authorNURKHOLIS, IHWAN
dc.date.accessioned2018-09-13T03:39:49Z
dc.date.available2018-09-13T03:39:49Z
dc.date.issued2018-04-05
dc.identifier.urihttp://repository.umy.ac.id/handle/123456789/21201
dc.descriptionKemajuan dibidang otomotif berdampak pada beragamnya komponen-komponen salah satunya adalah lampu penerangan sepeda motor dan sistem pembuangan atau knalpot, akan tetapi penggunaan kedua komponen tersebut seringkali mengabaikan tingkat keamaan bagi pengguna maupun orang lain. Oleh sebab itu dilakukan penelitian tentang karakteristik paparan cahaya dan suara pada sepeda motor yang menggunakan lampu LED 3 sisi serta knalpot racing WRX, dengan rumusan masalah karakteristik paparan cahaya dan suara dengan tujuan penggunaan komponen lampu LED serta knalpot racing yang aman berdasarkan peraturan pemerintah. Pengujian dilakukan menggunakan alat Sound Level Meter untuk uji kebisingan suara, Lux Meter untuk uji intensitas cahaya. Pengujian dilakukan di Jalan Lintas Selatan (JLS), pengujian kebisngan knalpot menggunakan variasi penambahan berat glasswool dengan berat 25 g, 50 g dan, 75 g menggunakan metode berdasarkan peraturan pemerintah. Pengujian intensitas cahaya menggunakan variasi sudut reflektor dengan sudut (0°, -5°,+5°) dan variasi ketinggian sensor (140 cm, 130 cm, 105cm), pengukuran dilakukan dengan 3 cara yaitu: kearah depan, ke samping kanan 2 meter dan, kesamping kakan 3 meter, semua pengukuran dilakukan setiap kelipatan ke depan 5 meter sampai nilai intensitas cahay mendekati nilai intensitas lingkungan. Hasil pengujian kebisingan knalpot racing dengan penambahan berat glasswool menghasilakan nilai kebisingan yang menurun cenderung aman, dengan nilai terendah yang dihasilkan 74 dB untuk sisi kanan dan kiri sepeda motor. Hasil pengujian intensitas cahaya lampu LED dan lampu standar menghasilkan nilai intensitas yang masih aman pada semua lampu dan semua variasi sudut, sedangkan daya pancar lampu jarak dekat lampu LED terjadi pelanngaran pada sudut 0°, -5°, dan, +5°. Sedangkan lampu jarak jauh terjadi pelanggaran daya pancar pada sudut -5°, +5° untuk lampu LED. Untuk daya pancar lampu setandar jarak jauh pada semua variasi sudut tidak terjadi pelanggaran, sedangkan untuk lampu jarak dekat terjadi pelanggaran pada sudut +5°en_US
dc.description.abstractKemajuan dibidang otomotif berdampak pada beragamnya komponen-komponen salah satunya adalah lampu penerangan sepeda motor dan sistem pembuangan atau knalpot, akan tetapi penggunaan kedua komponen tersebut seringkali mengabaikan tingkat keamaan bagi pengguna maupun orang lain. Oleh sebab itu dilakukan penelitian tentang karakteristik paparan cahaya dan suara pada sepeda motor yang menggunakan lampu LED 3 sisi serta knalpot racing WRX, dengan rumusan masalah karakteristik paparan cahaya dan suara dengan tujuan penggunaan komponen lampu LED serta knalpot racing yang aman berdasarkan peraturan pemerintah. Pengujian dilakukan menggunakan alat Sound Level Meter untuk uji kebisingan suara, Lux Meter untuk uji intensitas cahaya. Pengujian dilakukan di Jalan Lintas Selatan (JLS), pengujian kebisngan knalpot menggunakan variasi penambahan berat glasswool dengan berat 25 g, 50 g dan, 75 g menggunakan metode berdasarkan peraturan pemerintah. Pengujian intensitas cahaya menggunakan variasi sudut reflektor dengan sudut (0°, -5°,+5°) dan variasi ketinggian sensor (140 cm, 130 cm, 105cm), pengukuran dilakukan dengan 3 cara yaitu: kearah depan, ke samping kanan 2 meter dan, kesamping kakan 3 meter, semua pengukuran dilakukan setiap kelipatan ke depan 5 meter sampai nilai intensitas cahay mendekati nilai intensitas lingkungan. Hasil pengujian kebisingan knalpot racing dengan penambahan berat glasswool menghasilakan nilai kebisingan yang menurun cenderung aman, dengan nilai terendah yang dihasilkan 74 dB untuk sisi kanan dan kiri sepeda motor. Hasil pengujian intensitas cahaya lampu LED dan lampu standar menghasilkan nilai intensitas yang masih aman pada semua lampu dan semua variasi sudut, sedangkan daya pancar lampu jarak dekat lampu LED terjadi pelanngaran pada sudut 0°, -5°, dan, +5°. Sedangkan lampu jarak jauh terjadi pelanggaran daya pancar pada sudut -5°, +5° untuk lampu LED. Untuk daya pancar lampu setandar jarak jauh pada semua variasi sudut tidak terjadi pelanggaran, sedangkan untuk lampu jarak dekat terjadi pelanggaran pada sudut +5°en_US
dc.publisherFAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTAen_US
dc.subjectkebisingan, intensitas cahaya, daya pancar, lampu LED, knalpot racingen_US
dc.titleKARAKTERISTIK PAPARAN CAHAYA DAN PAPARAN SUARA SEPEDA MOTOR YANG MENGGUNAKAN LAMPU LED TIGA SISI DAN KANLPOT RACING WRX PADA MOTOR SUPRA X 125en_US
dc.typeThesis SKR F T 157en_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record