Show simple item record

dc.contributor.advisorTAUFIQURRAHMAN
dc.contributor.authorPUTRI, RIZKI AMALIA
dc.date.accessioned2018-09-14T01:47:32Z
dc.date.available2018-09-14T01:47:32Z
dc.date.issued2018
dc.identifier.urihttp://repository.umy.ac.id/handle/123456789/21234
dc.descriptionFenomena penggunaan Instagram di Indonesia banyak dimanfaatkan dalam berbagai tujuan seperti salah satunya dalam menyampaikan dakwah. Hal ini dilakukan oleh seorang public figure di Indonesia, Ustadz Hanan Attaki yang juga merupakan founder dari sebuah gerakan bernama Pemuda Hijrah (@PemudaHijrah). Terdapat keunikan dalam gaya penyampaian dakwah Islam oleh Ustadz Hanan Attaki melalui akun Instagram-nya yang cenderung santai dan berbeda dari yang lainnya, sehingga mengundang banyak dari kalangan muda menjadi tertarik. Hal ini kemudian akan menghasilkan pemaknaan tersendiri bagi para followers-nya. Penelitian ini membahas bagaimana para followers memaknai gaya komunikasi dakwah Ustadz Hanan Attaki melalui akun Instagram-nya. Menggunakan metode analisis resepsi Stuart Hall, followers sebagai khalayak aktif berperan dalam mengintepretasikan konten dakwah yang ada di Instagram @Hanan_Attaki. Hal ini dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti faktor ketertarikan, motivasi, maupun preferensi sumber pencarian informasi. Penelitian ini menghasilkan kesimpulan bahwa para informan terbagi menjadi dua proposisi yaitu hegemonic-dominant position dan negotiated-position. Tidak ada proposisi oppositional position dalam penelitian ini, karena tidak ada satupun informan yang sepenuhnya menolak penerimaan gaya komunikasi dakwah Hanan Attaki melalui Instagram.en_US
dc.description.abstractFenomena penggunaan Instagram di Indonesia banyak dimanfaatkan dalam berbagai tujuan seperti salah satunya dalam menyampaikan dakwah. Hal ini dilakukan oleh seorang public figure di Indonesia, Ustadz Hanan Attaki yang juga merupakan founder dari sebuah gerakan bernama Pemuda Hijrah (@PemudaHijrah). Terdapat keunikan dalam gaya penyampaian dakwah Islam oleh Ustadz Hanan Attaki melalui akun Instagram-nya yang cenderung santai dan berbeda dari yang lainnya, sehingga mengundang banyak dari kalangan muda menjadi tertarik. Hal ini kemudian akan menghasilkan pemaknaan tersendiri bagi para followers-nya. Penelitian ini membahas bagaimana para followers memaknai gaya komunikasi dakwah Ustadz Hanan Attaki melalui akun Instagram-nya. Menggunakan metode analisis resepsi Stuart Hall, followers sebagai khalayak aktif berperan dalam mengintepretasikan konten dakwah yang ada di Instagram @Hanan_Attaki. Hal ini dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti faktor ketertarikan, motivasi, maupun preferensi sumber pencarian informasi. Penelitian ini menghasilkan kesimpulan bahwa para informan terbagi menjadi dua proposisi yaitu hegemonic-dominant position dan negotiated-position. Tidak ada proposisi oppositional position dalam penelitian ini, karena tidak ada satupun informan yang sepenuhnya menolak penerimaan gaya komunikasi dakwah Hanan Attaki melalui Instagram.en_US
dc.publisherFAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTAen_US
dc.subjectgaya komunikasi, dakwah, resepsi, Instagram, followersen_US
dc.titlePEMAKNAAN FOLLOWERS TERHADAP GAYA KOMUNIKASI DAKWAH PADA AKUN INSTAGRAM @HANAN_ATTAKIen_US
dc.typeThesis SKR FISIP 479en_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record