STRATEGI MEDIA HANDLING DALAM KASUS DAHSYAT EPISODE “HUT DUNIA TERBALIK” OLEH HUMAS PT. RAJAWALI CITRA TELEVISI INDONESIA (RCTI) (STUDI DESKRIPTIF STRATEGI MEDIA HANDLING DALAM KASUS DAHSYAT EPISODE “HUT DUNIA TERBALIK” OLEH HUMAS PT. RAJAWALI CITRA TELEVISI INDONESIA (RCTI))
Abstract
PT. Rajawali Citra Televisi Indonesia (RCTI) adalah perusahaan televisi swasta pertama di Indonesia. Untuk membangun hubungan baik dengan pihak eksternal, RCTI membutuhkan humas yang bertugas untuk melakukan kegiatan komunikasi organisasi, serta memastikan bahwa kegiatan tersebut bersifat dua arah dan ada timbal balik. Media relations menjadi bagian penting dalam RCTI untuk berhubungan dengan para rekan media dari eksternal perusahaan untuk menjalin hubungan baik sehingga dapat mengelola berita tentang perusahaan dan mempertahankan citra positif perusahaan.
Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode studi deskriptif yaitu dengan mendeskripsikan dengan jelas tentang strategi media relations yang dilakukan RCTI dalam media handling kasus dahsyat episode “HUT Dunia Terbalik”.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi media relations yang dilakukan RCTI dalam media handling kasus dahsyat episode “HUT Dunia Terbalik” adalah strategi penataan media sosial RCTI oleh media relations RCTI untuk mengontrol berita yang tersebar di berbagai media dan melakukan pertemuan dengan TNI AD yang selanjutnya disusul oleh klarifikasi kepada publik. Hasil ini terlihat dalam proses yang cepat, kasus tersebut selesai dan tidak ada permasalahan yang berkepanjangan. Namun, terdapat beberapa faktor yang kurang terencana dengan matang seperti membuat opsi-opsi strategi penanggulangan kasus sehingga menjadi lebih sigap lagi dan dapat teratasi dengan lebih rapi.
Collections
Related items
Showing items related by title, author, creator and subject.
-
LITERASI MEDIA BERBASIS MEDIA BARU: APLIKASI MODEL LITERASI MEDIA BERBASIS MEDIA BARU OLEH REMOTIVI TAHUN 2017
MUTHMAINAH, ADITSA AMALIA (FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA, 2018)Teknologi media informasi dan komunikasi saat ini telah berkembang dengan pesat. Namun, kemajuan dalam perkembangan media tersebut tidak dibarengi dengan kemampuan mengkritisi pesan-pesan di media terutama media baru yang ... -
PENGELOLAAN MEDIA ONLINE (MEDIA WEBSITE DAN MEDIA SOSIAL) DALAM PENYEBARAN INFORMASI DAN PROMOSI KEPARIWISATAAN DINAS PARIWISATA KOTA SOLO TAHUN 2017
RAHMAT, FIRMAN FADILAH (FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA, 2018)Today in the era of cutting-edge technological advancement, information becomes very easy and mobilizing a wide array of sources and forms of delivery, one of the most often used in the era of globalization and new media. ... -
SENJAKALA MEDIA CETAK, KEBANGKITAN MEDIA DARING : JURNALISME SEPAKBOLA DI ERA MEDIA BARU
JUNAEDI, FAJAR (ASPIKOM Korwil Jawa Tengah - Daerah Istimewa Yogyakarta, 2017-10-01)Di saat media cetak yang secara khusus memposisikan dalam jurnalisme sepakbola mengalami senjakala, muncul di media daring nama – nama baru dalam jurnalisme sepakbola. Diantara nama – nama baru itu adalah Pandit Football, ...