Show simple item record

dc.contributor.advisorSUKMONO,FILOSA GITA
dc.contributor.authorHARTONO, ADI
dc.date.accessioned2018-09-28T02:16:39Z
dc.date.available2018-09-28T02:16:39Z
dc.date.issued2018
dc.identifier.urihttp://repository.umy.ac.id/handle/123456789/21577
dc.descriptionIklan rokok adalah iklan yang dibatasi dengan dilarangnya memperlihatkan wujud rokok inilah yang membuat iklan rokok berbeda, dan harus berfikir lebih kreatif, Jenis penelitian ini adalah studi deskriptif metode penelitian kualitatif dengan pendekatan semiotika Roland Bhartes, Penelitian ini bertujuan untuk melihat, memahami, menjelaskan dan mendeskripsikan bagaimana kearifan lokal digambarkan dalam iklan rokok televisi Dji Sam Soe. Hasil dari penelitian ini adalah, kearifan lokal yang ditampilkan pada iklan yaitu sopan santun dalam menyapa orang khususnya menyapa orang yang lebih tua. Kearifan yang menggambarkan keharmonisan antar anak muda dan orang tua terwujud dalam ikan Dji Sam Soe versi musalaki dimana anak muda dan orang tua secara gotong royong membangun rumah adat musalaki, dalam lingkup lebih intim juga tergambar dalam iklan Dji Sam Soe versi sungkeman dimana anak melakukan ritual sungkeman kepada orang tuanya menjelang menikah sebagai wujud terima kasih karena telah dirawat dan dibesarkan. Kearifan lokal yang menghubungkan manusia dengan alam dan lingkungan sekitar juga tergambar dalam iklan versi silat minangkabau dan versi tari tobe papua. kearifan untuk selalu menjaga diri dari berbagai rintangan, dalam iklan versi minang seorang laki-laki minang harus bisa membela diri dengan silat, dalam versi tari tobe papua kearifan untuk menjaga diri dan menjaga alam sekitar menjadi sesuatu yang sakral, prosesi pemanggilan ruh leluhur pada tari tobe, dan atribut yang digunakan masyarakat papua sangat lekat dengan alam, namun juga terkesan primitif.en_US
dc.description.abstractIklan rokok adalah iklan yang dibatasi dengan dilarangnya memperlihatkan wujud rokok inilah yang membuat iklan rokok berbeda, dan harus berfikir lebih kreatif, Jenis penelitian ini adalah studi deskriptif metode penelitian kualitatif dengan pendekatan semiotika Roland Bhartes, Penelitian ini bertujuan untuk melihat, memahami, menjelaskan dan mendeskripsikan bagaimana kearifan lokal digambarkan dalam iklan rokok televisi Dji Sam Soe. Hasil dari penelitian ini adalah, kearifan lokal yang ditampilkan pada iklan yaitu sopan santun dalam menyapa orang khususnya menyapa orang yang lebih tua. Kearifan yang menggambarkan keharmonisan antar anak muda dan orang tua terwujud dalam ikan Dji Sam Soe versi musalaki dimana anak muda dan orang tua secara gotong royong membangun rumah adat musalaki, dalam lingkup lebih intim juga tergambar dalam iklan Dji Sam Soe versi sungkeman dimana anak melakukan ritual sungkeman kepada orang tuanya menjelang menikah sebagai wujud terima kasih karena telah dirawat dan dibesarkan. Kearifan lokal yang menghubungkan manusia dengan alam dan lingkungan sekitar juga tergambar dalam iklan versi silat minangkabau dan versi tari tobe papua. kearifan untuk selalu menjaga diri dari berbagai rintangan, dalam iklan versi minang seorang laki-laki minang harus bisa membela diri dengan silat, dalam versi tari tobe papua kearifan untuk menjaga diri dan menjaga alam sekitar menjadi sesuatu yang sakral, prosesi pemanggilan ruh leluhur pada tari tobe, dan atribut yang digunakan masyarakat papua sangat lekat dengan alam, namun juga terkesan primitif.en_US
dc.publisherFAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTAen_US
dc.subjectKearifan Lokal, Analisis Semiotik, Iklan Rokoken_US
dc.titleKEARIFAN LOKAL PADA IKLAN ROKOK TELEVISI DJI SAM SOEen_US
dc.typeThesis SKR FISIP 330en_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record