PENGARUH KEBIJAKAN PEMBERIAN INSENTIF GURU TIDAK TETAP 2017 TERHADAP MOTIVASI DAN KINERJA GURU
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap dan memperoleh bukti empiris
tentang pengaruh pemberian dana insentif terhadap kinerja dan motivasi guru
honorer di kecamatan Banguntapan Bantul.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode survey
sehingga data yang digunakan termasuk data primer. Populasi dalam penelitian
adalah guru honorer yang menerima pemberian insentif yang terdaftar di Dinas
Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Bantul sebanyak 70 orang. Teknik
pengumpulan data menggunakan kuesioner. Uji validitas menggunakan rumus
korelasi product moment dan uji reliabilitas menggunakan rumus cronbach alpha.
Teknik analisis data menggunakan analisis regresi sederhana.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) pemberian insentif berpengaruh
positif terhadap motivasi kerja guru, dibuktikan dengan nilai signifikansi
0,000<0,05; dan variabel motivasi kerja guru dipengaruhi oleh pemberian insentif
sebesar 29,7%; (2) pemberian insentif berpengaruh positif dan signifikan terhadap
kinerja guru, dibuktikan dengan nilai signifikansi 0,000<0,05; dan variabel kinerja
guru yang dipengaruhi oleh pemberian insentif h sebesar 20,8%. Kesimpulan,
hipotesis yang diuji terbukti kebenarannya.