STRATEGI PEMASARAN DI PT. BPRS BANGUN DRAJAD WARGA DALAM MENINGKATKAN JUMLAH NASABAH PEMBIAYAAN
Abstract
Strategi pemasaran merupakan hal yang sangat penting bagi PT. BPRS Bangun Drajad Warga, yang dimana strategi tersebut menjadi ujung tombak dalam melakukan sebuah pemasaran. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan analisis data menggunakan trianggulasi. Data penelitian bersumber dari data primer dan sekunder. Hasil penelitian yaitu PT. BPRS Bangun Drajad Warga dalam memasarkan produk pembiayaannya lebih terfokus kepada Amal Usaha Muhammadiyah, strategi di PT.BPRS ini sudah mencakup 4P antara lain Product, Price, placement dan Promotion. Dalam meningkatkan jumlah nasabah pembiayaan, PT. BPRS Bangun Drajad Warga melakukan peningkatan pada kualitas pelayanan, melakukan promosi melalui media sosial maupun sosialisasi dan menurunkan harga jual, akan tetapi pada kenyataannya memang terdapat beberapa kendala yang dialami oleh BPRS Bangun Drajad Warga antara lain rendahnya pengetahuan masyarakat akan produk syariah yang ditawarkan, banyaknya lembaga keuangan konvensional yang lebih dikenal oleh masyarakat dan belum maksimalnya media promosi yang digunakan.