STRATEGI KREATIF PROGRAM MORNING SUNRISE UNISI RADIO DALAM UPAYA MERAIH PENDENGAR
Abstract
Radio Unisi merupakan salah satu radio komersil di Yogyakarta yang
mulai berdiri sejak 43 tahun lalu dengan menyajikan berbagai program informasi,
hiburan serta musik dengan melihat habit atau kebiasaan anak muda sebagai
target pendengarnya. Penelitian ini pada dasarnya membahas mengenai strategi
kreatif program Morning Sunrise Unisi Radio dalam upaya meraih pendengar.
Persaingan industri radio yang begitu ketat menuntut pengelola radio semakin
kreatif dalam menciptakan program-program agar mampu bersaing dengan radio
lainnya. Teori-teori yang digunakan untuk menganalisis pada penelitian ini yaitu
mulai dari perencanaan sampai dengan pelaksanaan program yang dilakukan tim
produksi dalam menarik perhatian pendengar. Penelitian ini merupakan penelitian
deskriptif kualitatif dengan metode pengumpulan data meliputi wawancara,
observasi, dan dokumentaasi. Sedangkan teknik analisis data mencakup reduksi
data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil yang diperoleh
dari penelitian ini bahwa program Morning Sunrise Unisi Radio memiliki strategi
kreatif dalam penyusunan programnya sehingga program tersebut dapat digemari
pendengar setia Unisi Radio dan menarik pendengar baru melalui konten dan
segmen yang dikemas beragam setiap harinya.