STRATEGI KONSELING DALAM PEMBINAAN AKHLAK MULIA SISWA SMP MUHAMMADIYAH 1 GAMPING TAHUN AJARAN 2017/2018
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masalah terkait akhlak mulia pada siswa SMP Muhammadiyah 1 Gamping sebagaimana hasil observasi yang dilakukan oleh peneliti dengan meninjau penuturan salah satu guru bimbingan konseling yang mengatakan bahwa sekolah SMP Muhammadiyah 1 Gamping ialah salah satu sekolah yang berbasis bimbingan konseling umum dan memiliki strategi-strategi konseling yang juga berperan dalam membina akhlak mulia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi konseling dalam pembinaan akhlak mulia siswa SMP Muhammadiyah 1 Gamping tahun pelajaran 2017/2018 dan mengetahui faktor-faktor pendukung dan penghambat proses pelaksanaan strategi konseling dalam pembinaan akhlak mulia siswa SMP Muhammadiyah 1 Gamping tahun pelajaran 2017/2018. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi.
Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa: (1) strategi konseling yang digunakan dalam pembinaan akhlak mulia siswa di SMP Muhammadiyah 1 Gamping adalah strategi modeling, strategi reframing dan strategi latihan asertif. (2) faktor pendukung dan penghambat strategi konseling adalah adanya semangat dari siswa untuk menyelesaikan masalah, Kualitas hubungan antara guru BK dan siswa, Kerjasama dengan guru dan wali kelas, Kerjasama dengan beberapa lembaga dan kerjasama dengan Orangtua adapun faktor penghambatnya adalah kurangnya komunikasi dengan wali kelas.