EVALUASI PROGRAM TAHFIDZ AL-QUR’AN PROGRAM STUDI KEDOKTERAN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi program tahfidz Al-Qur’an di program studi kedokteran UMY
Penelitian ini merupakan penelitian kualiatif deskriptif, dalam penelitian ini menggunakan model evaluasi CIPP (Context, Input, Prosesdan Product). Data diperoleh dengan cara wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini dengan cara mereduksi data (data reduction), setelah itu disajikan dalam bentuk deskripsi, bagan, hubungan antara kategori dan sejenisnya (data display), dan diverifikasi dengan penarikan kesimpulan (conclution drawing/verification).
Hasil penelitian menunjukan bahwa 1) hasil evaluasi dari context program tahfidz Al-Qur’an di Prodi Kedokteran UMY menunjukan bahwa kebutuhan yang telah dicapai adalah melalui sosialisi yang baik sehingga mahasiswa mampu mengikuti kegiatan tahfidz. Sedangkan kebutuhan yang belum tercapai disajikan melalui faktor penghambat program yaitu kemampuan membaca Al-Qur’an mahasiswa. 2) hasil evaluasi dari input program tahfidz Al-Qur’an di Prodi Kedokteran UMY menunjukan pendukung program yaitu peserta tahfidz merupakan seluruh mahasiswa kedokteran yang dipantau oleh dosen penanggung jawab program dan dosen penyimak hafalan. Selain itu saran prasarana yang sangat mendukung adalah buku panduan yang dimiliki oleh semua mahasiswa sebagai alat monitoring hafalan mahasiswa selama menghafal. 3) hasil evaluasi process program tahfidz Al-Qur’an di Prodi Kedokteran menunjukan proses kegiatan menghafal melalui kegiatan harian dua kali dalam seminggu dilaksanakan sebelum kelas tutorial, kuliah umum dan evaluasi / ujian hafalan. Sedangkan metode yang digunakan mahasiswa dalam menghafal adalah dengan cara syafahi dan sima’i. 4) hasil evaluasi product / hasil program tahfidz Al-Qur’an di Prodi Kedokteran UMY menunjukan bahwa hasil dari program menghfal ini ditunjukan melalui target hafalan dan kegiatan lomba. Pencapaian target hafalan mahasiswa masih perlu ditingkatkan sedangkan hasil dari kegiatan lomba adalah sangat bagus dan mampu menjadi motivasi bagi mahasiswa kedokteran yang sedang menghafalkan Al-Qur’an.