LOYALITAS NASABAH SEBAGAI VARIABEL MEDIASI PENGARUH CITRA PERUSAHAAN DAN KEPERCAYAAN TERHADAP SWITCHING INTENTION PADA NASABAH BANK MUAMALAT INDONESIA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji peran variabel mediasi yakni loyalitas nasabah yang menghubungkan pengaruh citra perusahaan dan kepercayaan terhadap niat nasabah untuk beralih atau switching intention. Objek dalam penelitian ini adalah nasabah Bank Muamalat Indonesia. Setelah dilakukan tinjauan pustaka dan penyusunan hipotesis, data yang dikumpulkan melalui metode kuesioner sebanyak 213 responden nasabah Bank Muamalat Indonesia. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik convinience sampling dengan alasan tidak adanya kriteria khusus yang digunakan pada kuesioner serta variabel citra perusahaan saja yang diteliti dari Bank Muamalat Indonesia.Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan menggunakan Struktural Equation Modeling (SEM) dan untuk menguji hipotesis dengan menggunakan aplikasi Smart-PLS 3.0. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa loyalitas mampu memediasi secara penuh (full mediation) pengaruh citra perusahaan dan kepercayaan terhadap switching intention.