PENGARUH SUPERVISI KEPERAWATAN TERHADAP PERSEPSI PENERAPAN PATIENT SAFETY DAN PENDOKUMENTASIAN ASUHAN KEPERAWATAN DI RSUD KOTA YOGYAKARTA
Abstract
Data dari BPPS Kemenkes RI 2017 menunjukkan bahwa perawat memiliki persentase 49% dari seluruh tenaga kesehatan lainnya (Dokter Umum, Dokter Spesialis, Bidan, Farmasi, Dokter Gigi) di Fasilitas Layanan Kesehatan. Perawat yang baik akan membuat mutu pelayanan kesehatan menjadi baik. Salah satu indikator mutu adalah penerapan patient safety dan kelengkapan dokumentasi asuhan keperawatan. Perlu dilakukan supervisi keperawatan untuk mengendalikan dan mempertahankan mutu tersebut. Mengetahui pengaruh supervisi keperawatan terhadap persepsi penerapan patient safety dan pendokumentasian asuhan keperawatan di RSUD Kota Yogyakarta. Penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Instrumen berupa kuesioner yang diadaptasi dan dimodifikasi dari standar keselamatan pasien dan penelitian sebelumnya. Data diambil melalui kuesioner yang dibagikan kepada perawat selama bulan Desember 2017 di RSUD Kota Yogyakarta. Sebanyak 50% responden menyatakan bahwa perencanaan supervisi keperawatan berjalan baik, 60% menyatakan pelaksanaan supervisi kurang baik, dan 51% menyatakan evaluasi supervisi baik. Supervisi yang baik mempengaruhi kinerja yang baik. Supervisi keperawatan tidak memiliki pengaruh terhadap persepsi penerapan patient safety dan pendokumentasian asuhan keperawatan di RSUD Kota Yogyakarta, namun variabel supervisi keperawatan yang paling berpengaruh terhadap persepsi penerapan patient safety adalah bagian pelaksanaan supervise keperawatan, dan terdapat pengaruh negatif pada variabel perencanaan supervisi keperawatan terhadap pendokumentasian asuhan keperawatan di RSUD Kota Yogyakarta.
Collections
Related items
Showing items related by title, author, creator and subject.
-
KESIAPAN DAN MOTIVASI MAHASISWA PROFESI KEPERAWATAN (NERS) DALAM MENGHADAPI PRAKTIK STASE KEPERAWATAN JIWA DI RUMAH SAKIT JIWA
KELLYANA, IRAWATI (2016-10-01)Kesiapan adalah tahapan dimana mahasiswa mampu memenuhi kuialifikasi pada pembelajaran atau profesinya. Kesiapan belajar merupakan kondisi awal untuk mempersiapkan suatu kegiatan belajar. Kesiapan belajar merupakan tahapan ... -
PENGARUH PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN TEAM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MAHASISWA KEPERAWATAN DI PROGRAM STUDI DIII KEPERAWATAN STIKES SATRIA BHAKTI NGANJUK
TYAS, LUSIA WAHYUNING (MKEP UMY, 2017-01-05)Latar Belakang : Kemampuan berpikir kritis merupakan hal yang penting pada mahasiswa keperawatan. Mahasiswa dituntut mempunyai keahlian yang fleksibel dan individual pada situasi khusus pemecahan masalah keperawatan pasien. ... -
GAMBARAN TINGKAT PENGETAHUAN MAHASISWA KEPERAWATAN TENTANG KODE ETIK KEPERAWATAN DI RUMAH SAKIT PENDIDIKAN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA
ABRORI, FAJAR (FKIK UMY, 2016-07-20)