Show simple item record

dc.contributor.advisorSAMSUDIN, MUH
dc.contributor.authorADNAN, YOGA ZULIANA
dc.date.accessioned2018-10-15T07:00:18Z
dc.date.available2018-10-15T07:00:18Z
dc.date.issued2018
dc.identifier.urihttp://repository.umy.ac.id/handle/123456789/22100
dc.descriptionPenelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui pemanfaatan media sosial bagi siswa kelas X SMA Muhammadiyah 1 Sragen 2) Mengetahui motivasi belajar siswa kelas X di SMA Muhammadiyah 1 Sragen dan 3) Mengetahui pengaruh pemanfaatan media sosial terhadap motivasi belajar siswa kelas X SMA Muhammadiyah 1 Sragen. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan model deskriptif korelasi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X yaitu berjumlah 180 siswa. menurut tabel jumlah sampel dengan signifikansi 5% di ambil sampel sebanyak 119 siswa. Sedangkan teknik pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling. Metode pengumpulan data mengunakan kuisioner model skala likert. Data dianalisis secara deskriptif dan korelasi sederhana.. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Hasil analisis pemanfaatan media sosial siswa Kelas X SMA Muhammadiyah 1 Sragen berada pada kelas interval 39 – 41 dan 42 – 44 dengan frekuensi yang sama yaitu 25,2% berjumlah 30 siswa kelas X. Kemudian tingkat kategori frekuensi hasil distribusi kecenderungan pemanfaatan media sosial siswa kelas pada tingkat kategori sedang dengan persentase 72,3% yaitu sejumlah 86 siswa. Jadi tingkat kategori kecenderungan pemanfaatan media sosial siswa kelas X SMA Muhammadiyah 1 Sragen pada kategori sedang. (2) Hasil analisis motivasi belajar siswa Kelas X SMA Muhammadiyah 1 Sragen berada pada kelas interval 54 – 57 dengan frekuensi siswa 28,6% dengan jumlah 34 siswa kelas X. Kemudian untuk tingkat kategori frekuensi motivasi belajar siswa kelas X kecenderungan pada kategori sedang dengan persentase 68% yaitu dengan jumlah 81 siswa Jadi kecenderungan motivasi belajar siswa kelas X SMA Muhammadiyah 1 Sragen berada pada kategori sedang. (3) Hasil analisis korelasi sederhana pada uji hipotesis pengaruh variabel pemanfaatan media sosial (X) terhadap motivasi belajar (Y) diketahui bahwa nilai signifikansi (Sig.) sebesar 0,000 lebih kecil dari pada probabilitas 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa Ha di terima dan Ho di tolak, yang berarti terdapat pengaruh pemanfaatan media sosial yang signifikan terhadap motivasi belajar siswa kelas X SMA Muhammadiyah 1 Sragen. Pemanfaatan media sosial mempengaruhi motivasi belajar siswa kelas X sebanyak 17,3% dan dipengaruhi faktor lain di luar pemanfaatan media sosial 82,7%.en_US
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui pemanfaatan media sosial bagi siswa kelas X SMA Muhammadiyah 1 Sragen 2) Mengetahui motivasi belajar siswa kelas X di SMA Muhammadiyah 1 Sragen dan 3) Mengetahui pengaruh pemanfaatan media sosial terhadap motivasi belajar siswa kelas X SMA Muhammadiyah 1 Sragen. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan model deskriptif korelasi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X yaitu berjumlah 180 siswa. menurut tabel jumlah sampel dengan signifikansi 5% di ambil sampel sebanyak 119 siswa. Sedangkan teknik pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling. Metode pengumpulan data mengunakan kuisioner model skala likert. Data dianalisis secara deskriptif dan korelasi sederhana.. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Hasil analisis pemanfaatan media sosial siswa Kelas X SMA Muhammadiyah 1 Sragen berada pada kelas interval 39 – 41 dan 42 – 44 dengan frekuensi yang sama yaitu 25,2% berjumlah 30 siswa kelas X. Kemudian tingkat kategori frekuensi hasil distribusi kecenderungan pemanfaatan media sosial siswa kelas pada tingkat kategori sedang dengan persentase 72,3% yaitu sejumlah 86 siswa. Jadi tingkat kategori kecenderungan pemanfaatan media sosial siswa kelas X SMA Muhammadiyah 1 Sragen pada kategori sedang. (2) Hasil analisis motivasi belajar siswa Kelas X SMA Muhammadiyah 1 Sragen berada pada kelas interval 54 – 57 dengan frekuensi siswa 28,6% dengan jumlah 34 siswa kelas X. Kemudian untuk tingkat kategori frekuensi motivasi belajar siswa kelas X kecenderungan pada kategori sedang dengan persentase 68% yaitu dengan jumlah 81 siswa Jadi kecenderungan motivasi belajar siswa kelas X SMA Muhammadiyah 1 Sragen berada pada kategori sedang. (3) Hasil analisis korelasi sederhana pada uji hipotesis pengaruh variabel pemanfaatan media sosial (X) terhadap motivasi belajar (Y) diketahui bahwa nilai signifikansi (Sig.) sebesar 0,000 lebih kecil dari pada probabilitas 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa Ha di terima dan Ho di tolak, yang berarti terdapat pengaruh pemanfaatan media sosial yang signifikan terhadap motivasi belajar siswa kelas X SMA Muhammadiyah 1 Sragen. Pemanfaatan media sosial mempengaruhi motivasi belajar siswa kelas X sebanyak 17,3% dan dipengaruhi faktor lain di luar pemanfaatan media sosial 82,7%.en_US
dc.publisherFAKULTAS AGAMA ISLAM UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTAen_US
dc.subjectmedia sosial, motivasi belajar, siswaen_US
dc.titlePENGARUH PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS X SMA MUHAMMADIYAH 1 SRAGENen_US
dc.typeThesis SKR FAI 072en_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record