dc.contributor.advisor | ROMDZATI, ROMDZATI | |
dc.contributor.author | FITRI, AIDATUL | |
dc.date.accessioned | 2018-10-16T03:46:00Z | |
dc.date.available | 2018-10-16T03:46:00Z | |
dc.date.issued | 2018-05-05 | |
dc.identifier.uri | http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/22137 | |
dc.description | Latar Belakang: Salah satu tugas perkembangan anak pada usia toddler adalah
toilet training. Toilet training adalah suatu proses pengajaran kepada anak untuk
mengontrol buang air kecil dan buang air besar secara benar dan teratur. Kesiapan
toilet training pada anak usia toddler tidak hanya dipengaruhi oleh kesiapan fisik,
psikologis, mental, dan orang tua tetapi bisa juga dipengaruhi oleh pola asuh
orang tua yang diterapkan ke anak. Pola asuh orang tua ada tiga macam
diantaranya otoriter, permisif, dan demokratis.
Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pola asuh orang tua
dengan kesiapan toilet training pada anak usia toddler di Kalirandu
BangunjiwoKasihan Bantul Yogyakarta.
Metode: Penelitian ini merupakan penelitian non-eksperimen dengan desain
correlational melalui pendekatan cross-sectional. Sampel dalam penelitian ini
sebanyak 44 responden dengan pengambilan sampel melalui teknik purposive
sampling. Uji statistic menggunakan chi-square dengan a=0,05.
Hasil: Penelitian ini menunjukkan sebagian besar orang tua menerapkan pola asuh
demokratis yaitu sebanyak 30 responden (68,2%) dengan kesiapan toilet training
sebanyak 22 responden (73,3%). Korelasi menggunakan uji chi-square didapatkan
hasil nilai p=0,040.
Kesimpulan: Berdasarkan analisis data diperoleh nilai signifikan p=0,040 < 0,05
yang berarti ada hubungan pola asuh orang tua dengan kesiapan toilet training
pada anak usia toddler di Kalirandu Bangunjiwo Kasihan Bantul Yogyakarta | en_US |
dc.description.abstract | Background: One of the tasks of child development at toddler age is toilet
training. Toilet training is a process of teaching the child to control urination and
defecate properly and regularly. Preparedness of toilet training in toddler-age
children is not only influenced by physical, psychological, mental, and parental
readiness but may also be influenced by parenting patterns applied to children.
Parenting patterns of parents there are three kinds of authoritarian, permissive,
and democratic.
Objective: This study aims to determine the relationship of parenting parents with
the preparation of toilet training in children aged toddler in Kalirandu Bangunjiwo
Bantul Bantul Yogyakarta.
Method: This research is a non-experimental research with correlational design
through cross-sectional approach. The sample in this study were 44 respondents
with sampling through purposive sampling technique. The statistical test uses chisquare
with a = 0.05.
Results: This study shows that most parents apply democratic parenting pattern as
many as 30 respondents (68.2%) with toilet training preparedness of 22
respondents (73.3%). Correlation using chi-square test obtained result p value =
0,040.
Conclusion: Based on the data analysis, the significant value p = 0,040 <0,05
which means there is relationship of parenting pattern with the preparation of
toilet training for children aged toddler in Kalirandu Bangunjiwo Kasihan Bantul
Yogyakarta. | en_US |
dc.publisher | FAKULTAS KEDOKTERAN DAN ILMU KESEHATAN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA | en_US |
dc.subject | Parenting, Readiness toilet training, toddler age. | en_US |
dc.title | HUBUNGAN POLA ASUH ORANG TUA DENGAN KESIAPAN TOILET TRAINING PADA ANAK USIA TODDLER DI KALIRANDU BANGUNJIWO KASIHAN YOGYAKARTA | en_US |
dc.type | Thesis
SKR
FKIK
182 | en_US |