Show simple item record

dc.contributor.advisorROMDZATI, ROMDZATI
dc.contributor.authorFITRI, AIDATUL
dc.date.accessioned2018-10-16T03:46:00Z
dc.date.available2018-10-16T03:46:00Z
dc.date.issued2018-05-05
dc.identifier.urihttp://repository.umy.ac.id/handle/123456789/22137
dc.descriptionLatar Belakang: Salah satu tugas perkembangan anak pada usia toddler adalah toilet training. Toilet training adalah suatu proses pengajaran kepada anak untuk mengontrol buang air kecil dan buang air besar secara benar dan teratur. Kesiapan toilet training pada anak usia toddler tidak hanya dipengaruhi oleh kesiapan fisik, psikologis, mental, dan orang tua tetapi bisa juga dipengaruhi oleh pola asuh orang tua yang diterapkan ke anak. Pola asuh orang tua ada tiga macam diantaranya otoriter, permisif, dan demokratis. Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pola asuh orang tua dengan kesiapan toilet training pada anak usia toddler di Kalirandu BangunjiwoKasihan Bantul Yogyakarta. Metode: Penelitian ini merupakan penelitian non-eksperimen dengan desain correlational melalui pendekatan cross-sectional. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 44 responden dengan pengambilan sampel melalui teknik purposive sampling. Uji statistic menggunakan chi-square dengan a=0,05. Hasil: Penelitian ini menunjukkan sebagian besar orang tua menerapkan pola asuh demokratis yaitu sebanyak 30 responden (68,2%) dengan kesiapan toilet training sebanyak 22 responden (73,3%). Korelasi menggunakan uji chi-square didapatkan hasil nilai p=0,040. Kesimpulan: Berdasarkan analisis data diperoleh nilai signifikan p=0,040 < 0,05 yang berarti ada hubungan pola asuh orang tua dengan kesiapan toilet training pada anak usia toddler di Kalirandu Bangunjiwo Kasihan Bantul Yogyakartaen_US
dc.description.abstractBackground: One of the tasks of child development at toddler age is toilet training. Toilet training is a process of teaching the child to control urination and defecate properly and regularly. Preparedness of toilet training in toddler-age children is not only influenced by physical, psychological, mental, and parental readiness but may also be influenced by parenting patterns applied to children. Parenting patterns of parents there are three kinds of authoritarian, permissive, and democratic. Objective: This study aims to determine the relationship of parenting parents with the preparation of toilet training in children aged toddler in Kalirandu Bangunjiwo Bantul Bantul Yogyakarta. Method: This research is a non-experimental research with correlational design through cross-sectional approach. The sample in this study were 44 respondents with sampling through purposive sampling technique. The statistical test uses chisquare with a = 0.05. Results: This study shows that most parents apply democratic parenting pattern as many as 30 respondents (68.2%) with toilet training preparedness of 22 respondents (73.3%). Correlation using chi-square test obtained result p value = 0,040. Conclusion: Based on the data analysis, the significant value p = 0,040 <0,05 which means there is relationship of parenting pattern with the preparation of toilet training for children aged toddler in Kalirandu Bangunjiwo Kasihan Bantul Yogyakarta.en_US
dc.publisherFAKULTAS KEDOKTERAN DAN ILMU KESEHATAN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTAen_US
dc.subjectParenting, Readiness toilet training, toddler age.en_US
dc.titleHUBUNGAN POLA ASUH ORANG TUA DENGAN KESIAPAN TOILET TRAINING PADA ANAK USIA TODDLER DI KALIRANDU BANGUNJIWO KASIHAN YOGYAKARTAen_US
dc.typeThesis SKR FKIK 182en_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record