IKLIM KOMUNIKASI ORGANISASI DI HOTEL GRAND INNA MALIOBORO YOGYAKARTA (STUDI DESKRIPTIF KUALITATIF IKLIM KOMUNIKASI ORGANISASI HOTEL GRAND INNA MALIOBORO PADA TAHUN 2018)
Abstract
Iklim yang muncul dalam sebuah komunikasi yang dibangun dalam organisasi didukung oleh kegiatan yang dilakukan organisasi. Hotel Grand Inna Malioboro Yogyakarta sebagai salah satu hotel tertua yang ada di Daerah Istimewa Yogyakarta memiliki cara tersendiri dalam menjaga iklim komunikasi didalamnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mengidentifikasi iklim komunikasi organisasi yang ada di Hotel Grand Inna Malioboro Yogyakarta pada tahun 2018. Peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus deskriptif dengan melihat dari lima nilai iklim komunikasi seperti, nilai dukungan, nilai partisipasi dalam pembuatan keputusan, nilai kepercayaan, kejujuran dan keandalan, nilai keterbukaan dan keterusterangan dan terakhir nilai tujuan kinerja yang tinggi. Metode pengumpulan data yang dilakukan ini menggunakan teknik wawancara dan dokumentasi. Wawancara dilakukan oleh 12 informan dengan masing-masing departemen enam informan. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan peneliti, hasil penelitian memperlihatkan bahwa iklim komunikasi organisasi telah efektif pada nilai dukungan, nilai kepercayaan, kejujuran dan keandalan, nilai tujuan kinerja tinggi pada departemen Front Office dan Housekeeping. Hasil penelitian selanjutnya berdasarkan data menunjukkan bahwa iklim komunikasi organisasi belum efektif pada nilai partisipasi dalam pembuatan keputusan dan nilai keterbukaan dan keterusterangan. Hal ini karena tidak ada andil dari karyawan dalam pembentukan keputusan serta adanya perbedaan karakter atasan dan rasa sungkan yang dirasakan oleh bawahan terhadap atasan di dua departemen terkait.