STRATEGI MEDIA RELATIONS HUMAS PT KAI (PERSERO) DAOP VI DALAM MENINGKATKAN CITRA POSITIF PT KAI PADA MASA ANGKUTAN NATAL 2017 DAN TAHUN BARU 2018
Abstract
enelitian ini untuk menganalisis strategi media relations humas PT. Kereta
Api Indonesia (Persero) DAOP VI dalam meningkatkan citra positif PT. Kereta Api
Indonesia (Persero) pada masa angkutan natal 2017 dan tahun baru 2018. Tujuan
penelitian ini yang pertama adalah untuk mendeskripsikan kegiatan tersebut secara
rinci, kedua untuk mengetahui faktor pendukung serta penghambatnya dan serta
penilaian akhir dari kegiatan tersebut. Metode penelitian yang digunakan adalah
deskriptif kualitatif, karena penelitian ini menggambarkan dan menginterpretasikan
segala sesuatu yang berkaitan dengan masalah yang diteliti pada objek penelitian.
Dimana objek penelitian ini adalah unit humas PT. Kereta Api Indonesia (Persero)
DAOP VI. Sumber data penelitian ini diambil dari data primer yang diperoleh dari
wawancara mendalam dan data sekunder yang diperoleh dari internet dan foto
dokumentasi yang dimiliki oleh unit humas PT. Kereta Api Indoneisa (Persero)
DAOP VI. Uji validitas data menggunakan trianggulasi yang membandingkan hasil
wawancara dengan data atau dokumentasi yang ada. Hasil penelitian ini
menunjukkan bahwa unit humas PT. Kereta Api Indonesia (Persero) DAOP VI
sudah melakukan kegiatan media relations pada masa angkutan nataru dengan
cukup baik, akan tetapi kegiatan tersebut masih belum dilakukan secara maksimal,
mulai dari strategi atau persiapan kegiatan, hingga evaluasi pasca kegiatan yang
belum dilaksanakan dengan maksimal.