Show simple item record

dc.contributor.advisorSUDARJA, SUDARJA
dc.contributor.advisorRIYANTA, BAMBANG
dc.contributor.authorMIFTAH, MOCHAMAD
dc.date.accessioned2018-10-19T02:18:33Z
dc.date.available2018-10-19T02:18:33Z
dc.date.issued2018-07-24
dc.identifier.urihttp://repository.umy.ac.id/handle/123456789/22322
dc.descriptionLampu dan knalpot merupakan bagian yang sangat penting dari sepeda motor. Lampu digunakan sebagai penerangan pada sepeda motor dan knalpot sebagai saluran gas buang serta peredam suara yang ditimbulkan oleh kerja mesin. Intensitas paparan cahaya yang dibawah ketentuan peraturan perundang-undangan dapat mengurangi jarak pandang dan apabila intensitas paparan cahaya terlalu terang dapat menimbulkan resiko kecelakaan lalu lintas dan intensitas paparan suara tinggi yang ditimbulkan dari knalpot dapat menimbulkan gangguan ke lingkungan sekitar dan gangguan kesehatan. Oleh karena itu, penelitian ini perlu dilakukan yang bertujuan untuk mengetahui tingkat intensitas paparan cahaya lampu utama standar dan lampu utama LED 3 sisi serta untuk mengetahui tingkat intensitas paparan suara yang dihasilkan dari knalpot standar dan knalpot racing R9 Misano pada sepeda motor Honda Supra X 125 Helm In PGM-FI tahun 2012. Penelitian intensitas paparan cahaya lampu utama sepeda motor dilakukan di Jalan Lintas Selatan, Bantul dan intensitas paparan suara knalpot dilakukan di Stadion Sultan Agung, Bantul. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan alat ukur luxmeter dan sound level meter. Data yang diperoleh dengan cara pengukuran secara langsung pada lampu utama standar dan lampu utama LED 3 sisi dengan variasi reflektor -5 °, 0 ° dan + 5 ° dengan jarak 0-100 meter dan ke kanan 2-3 meter serta pengukuran secara langsung pada knalpot standar dan knalpot racing R9 Misano dengan variasi tanpa dB killer, menggunakan dB killer, dan berat glasswool. Hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa intensitas paparan cahaya dari lampu utama standar cenderung lebih kecil dari lampu utama LED 3 sisi. Semakin bertambahnya jarak saat pengukuran maka paparan cahaya dari lampu utama standar dan lampu utama LED 3 sisi yang dihasilkan semakin redup. Intensitas paparan suara knalpot standar lebih rendah dari knalpot racing R9 Misano. Penambahaan berat glasswool dan variasi menggunakan dB killer pada knalpot R9 Misano dapat menurunkan tingkat kebisingan.en_US
dc.description.abstractLampu dan knalpot merupakan bagian yang sangat penting dari sepeda motor. Lampu digunakan sebagai penerangan pada sepeda motor dan knalpot sebagai saluran gas buang serta peredam suara yang ditimbulkan oleh kerja mesin. Intensitas paparan cahaya yang dibawah ketentuan peraturan perundang-undangan dapat mengurangi jarak pandang dan apabila intensitas paparan cahaya terlalu terang dapat menimbulkan resiko kecelakaan lalu lintas dan intensitas paparan suara tinggi yang ditimbulkan dari knalpot dapat menimbulkan gangguan ke lingkungan sekitar dan gangguan kesehatan. Oleh karena itu, penelitian ini perlu dilakukan yang bertujuan untuk mengetahui tingkat intensitas paparan cahaya lampu utama standar dan lampu utama LED 3 sisi serta untuk mengetahui tingkat intensitas paparan suara yang dihasilkan dari knalpot standar dan knalpot racing R9 Misano pada sepeda motor Honda Supra X 125 Helm In PGM-FI tahun 2012. Penelitian intensitas paparan cahaya lampu utama sepeda motor dilakukan di Jalan Lintas Selatan, Bantul dan intensitas paparan suara knalpot dilakukan di Stadion Sultan Agung, Bantul. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan alat ukur luxmeter dan sound level meter. Data yang diperoleh dengan cara pengukuran secara langsung pada lampu utama standar dan lampu utama LED 3 sisi dengan variasi reflektor -5 °, 0 ° dan + 5 ° dengan jarak 0-100 meter dan ke kanan 2-3 meter serta pengukuran secara langsung pada knalpot standar dan knalpot racing R9 Misano dengan variasi tanpa dB killer, menggunakan dB killer, dan berat glasswool. Hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa intensitas paparan cahaya dari lampu utama standar cenderung lebih kecil dari lampu utama LED 3 sisi. Semakin bertambahnya jarak saat pengukuran maka paparan cahaya dari lampu utama standar dan lampu utama LED 3 sisi yang dihasilkan semakin redup. Intensitas paparan suara knalpot standar lebih rendah dari knalpot racing R9 Misano. Penambahaan berat glasswool dan variasi menggunakan dB killer pada knalpot R9 Misano dapat menurunkan tingkat kebisingan.en_US
dc.publisherFAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTAen_US
dc.subjectIntensitas paparan cahaya, intensitas paparan suara, lampu, knalpoten_US
dc.titleKARAKTERISTIK PAPARAN CAHAYA DAN PAPARAN SUARA SEPEDA MOTOR HONDA SUPRA X 125 HELM IN PGM-FI TAHUN 2012 DENGAN LAMPU LED 3 SISI 25 WATT DAN KNALPOT R9 MISANOen_US
dc.typeThesis SKR FT 242en_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record