Show simple item record

dc.contributor.authorNAUMA IZZA, BALQIS
dc.date.accessioned2018-10-24T01:24:16Z
dc.date.available2018-10-24T01:24:16Z
dc.date.issued2018-06-08
dc.identifier.urihttp://repository.umy.ac.id/handle/123456789/22519
dc.descriptionPenelitian ini fokus bagaimana penanaman strategi guru Taman Kanak-Kanak Aisyiyah Bustanul Athfal Gendingan Yogyakartadalam menanamkan nilai-nilai agama Islam kepada anak usia dini, dan apa sajakah faktor pendukung dan penghambat guru taman kanak-kanak dalam menanamkan strateginya sehingga dapat tercapai tujuan guru taman kanak-kanak dalam menanamkan nilai-nilai agama Islam kepada anak usia dini, Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif adapun pengertian kualitatif merupakan penekanan pembentukan teori berdasar data lapangan atau teori induktif. Hasil dari penelitian ini meliputi: (1) Materi-materi nilai-nilai Islam di Taman Kanak-Kanak Aisyiyah Bustanul Athfal Gendingan Yogyakartadalam mencakup Pendidikan agama Islam PAI, pengenalan organisasi keMuhammadiyahan dan organisasi keAisiyahan dengan mendasar. dalam pembelajaran siswa dikenalkan nilai-nilai Islam mencakup: Mengenal aqidah Islam melalui rukun Islam, Mengenal Ibadah melalui praktek langsung, Mengenal huruf Hijaiyah, Mengenal surat-surat pendek dalam AL-Qur’an, Mengucap beberapa surat pilihan AL-Qur’an, Menghafal doa sehari-hari, Menghafal hadit-hadit pilihan, Menghafal kalimat toyyibah, Mengenal bahasa Arab melalui beberapa kata, Mengenal kehidupan di akherat, Mengenal tarikh sederhana dari beberapa nabi dan rasul.(2) Strategi yang dilakukan oleh para guru dalam menanamkan nilai Islam pada siswanya iyalah melalui pembiasaan hidup Islami sehari-hari, yang dilakukan didalam lingkungan sekolah, untuk mencapai bembelajaran dan juga meningkatkan Pendidikan Islami yang baik para guru di kirim oleh sekolah untuk mengikuti pelatihan-pelatihan yang diselenggarakan oleh dinas Pendidikan, Puskesmas maupun oleh organisasi Muhammadiyah maupun Aisiyah untuk meningkatkan mutuk pendidik.(3) Factor pendukung dalam guru menanamkan nilai Islam di taman kanak kanak aisyiyah bustanul athfal gendingan Yogyakarta, mencakup, alat peraga seperti buku cerita untuk mendongeng, kartu Islami untuk bermain dan lcd untuk menonton film Islami merupakan alat peraga yang efektif membantu para guru dalam melangsunkan proses belaajar mengajarnya. Dalam hal faktor penghambatnya mencakup kurangnya dukungan dari orang tua siswa dalam mengamalkan nilai-nilai Islam pada keluarganya, sehingga menghambat penerapan nilai Islam yang telah diajarkan di taman kanak-kanak aisyiyah bustanul athfal gendingan Yogyakarta yang telah diajarkan oleh siswanya disekolah.en_US
dc.description.abstractThis research was focused on the strategies of the kindergarten teachers of Aisyiyah Bustanul Athfal Gendingan Yogyakarta Kindergarten in instilling Islamic values to early childhood, and the supporting and obstructing factors of the kindergarten teachers in instilling Islamic values to the early childhood. It used qualitative approach. Qualitative approach is emphasizing on the theory forming based on field notes or inductive theory. The result of the research covered: (1) The materials of Islamic values in Aisyiyah Bustanul Athfal Gendingan Yogyakarta Kindergarten included Islamic Education, and introduction to Muhammadiyah and Aisyiyah movement organizations as the foundation. In the learning, the students were introduced to Islamic values covering: recognizing Islam faith through Islamic principles, performing prayers through direct practice, Hijaiyah letters, short surahs in Al- Qur’an, addressing some selected surahs in Al-Qur’an, memorizing daily prayers, memorizing selected hadiths, memorizing toyyibah sentences, recognizing Arabic language through some words, recognizing the after- life, recognizing simple tarikh of some prophets and apostles. (2) The strategies conducted by the teachers in instilling Islamic values to the students were through the daily Islamic life habituation implemented inside the school environment. To achieve and to increase a good Islamic Education learning, the teachers were asked by the school to join trainings held by Education authority, health center and both Muhammadiyah and Aisyiyah organization to develop the education quality. (3) The supporting factors of the teachers in instilling Islamic values in Aisyiyah Bustanul Athfal Gendingan Yogyakarta Kindergarten included properties like story books to tell, Islamic flash cards to play, and LCD projector to watch Islamic films. They were effective properties helping the teachers in conducting the teaching learning process. Meanwhile, the obstructing factors included the lack of support from the students’ parents in practicing Islamic values in the families, so that it obstructed the implementation of Islamic values taught in Aisyiyah Bustanul Athfal Gendingan Yogyakarta Kindergarten to the students.en_US
dc.publisherFAKULTAS AGAMA ISLAMen_US
dc.subjectstrategies of kindergarten teachers, Islamic values in Aisyiyah Bustanul Athfal Gendingan Yogyakarta Kindergarten.en_US
dc.titleSTRATEGI GURU TAMAN KANAK-KANAK DALAM MENANAMKAN NILAI ISLAM DI TAMAN KANAK-KANAK ‘AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL GENDINGAN YOGYAKARTAen_US
dc.typeThesis SKR FAI 256en_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record