dc.contributor.author | SHOLIHIN, SHOLIHIN | |
dc.date.accessioned | 2018-10-24T03:53:19Z | |
dc.date.available | 2018-10-24T03:53:19Z | |
dc.date.issued | 2018 | |
dc.identifier.uri | http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/22562 | |
dc.description | Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Menganalisis kepemimpinan
transformasional kepala sekolah SMK Muhammadiyah Prambanan dalam
meningkatkan mutu sumber daya manusia selama tiga kepemimpinan yang
berbeda. (2) Mengidentifikasi transformasi sumber daya manusia (SDM) di SMK
Muhammadiyah Prambanan. Pendekatan penelitian yang digunakan di sini adalah
penelitian diskriptif analitis kualitatif. Adapun lokasi yang peneliti pilih adalah
SMK Muhammadiyah Prambanan, Sleman, D.I. Yogyakarta. Teknik
pengumpulan data, menggunakan observasi, wawancara mendalam dan
dokumentasi. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara
mendalam dan dokumentasi. Teknik analisa data menggunakan model Miles dan
Huberman dengan 4 tahap.
Hasil penelitian yang penulis lakukan dalam penelitian ini, dapat
disimpulkan: (1) Kepemimpinan transformasional yang dilakukan kepala sekolah
SMK Muhammadiyah Prambanan untuk meningkatkan mutu sumber daya
manusia selama tiga kepemimpinan yang berbeda adalah dengan mengubah
potensi institusinya menjadi energi untuk meningkatkan mutu guru yang secara
langsung berimplikasi pada peningkatan kualitas siswa dalam peningkatan mutu
pendidikan di sekolah. (2) Transformasi yang dilakukan oleh kepala sekolah
selama tiga periode yang berbeda adalah dengan memaksimalkan peran
kepemimpinan dalam mengembangkan mutu sumberdaya manusia, merencanakan
masa depan dan mengembangkan ide-ide baru. Dengan langkah-langkah yang
sangat baik, yaitu : mengkomunikasikan visi, mengembangkan budaya mutu, dan
memberdayakan para guru. Yang bersinergi dengan pemerintah untuk ranah
profesionalisme guru utamanya, dan bersinergi dengan Persyarikatan
Muhammadiyah.
Kata Kunci : Kepemimpinan,Transformasional, Kepala Sekolah, Mutu
Pendidikan | en_US |
dc.description.abstract | This research aims to: (1) Analyzing transformational leadership of
Headmasters of Muhammadiyah Vocational High School (SMK M) Prambanan in
increasing human resources quality in three different leadership period, (2)
Identifying the transformation of human resources in SMK Muhammadiyah
Prambanan. The research approach used here is descriptive analytical qualitative.
The reseach took place in SMK Muhammadiyah Prambanan Sleman Regency,
Special Region of Yogyakarta. The data collection techniques used were
observation, in-depth interview and documentations. Data analysis techniques use
the Miles and Huberman models with 4 stages.
Based on the results, the writer can conclude: (1) Transformational
leadership conducted by the headmasters of Muhammadiyah Vocational High
School (SMK M) Prambanan increasing human resources quality in three
different leadership period is by changing in the institution’s potential into energy
to increase teacher’s quality that has direct implications on increasing students’
quality to improve the school education quality. (2) Different transformation
conducted by the headmasters in three different leadership periods is by
maximizing the leadership role in increasing human resources quality, in
planning the future, and developing new ideas. These actions are conducted in
very good ways, namely: communicating vision, developing the culture of quality,
and empowering the teachers, Who synergizes with the government and
Muhammadiyah Organization as well for the the professionalism area of its main
teacher.
Key words : Leadership, Transformational, Headmaster, Quality of
Education | en_US |
dc.language.iso | other | en_US |
dc.publisher | MSI UMY | en_US |
dc.subject | Leadership | en_US |
dc.subject | Transformational | en_US |
dc.subject | Headmaster | en_US |
dc.subject | Quality of Education | en_US |
dc.title | KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL KEPALA SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN MUHAMMADIYAH (SMK M) PRAMBANAN DALAM MENINGKATKAN MUTU SUMBER DAYA MANUSIA | en_US |
dc.type | Thesis | en_US |