PENGGUNAAN WEB SERIES DI YOUTUBE SEBAGAI STRATEGI KREATIF ARFA BARBERSHOP DALAM MEMBANGUN BRAND IMAGE TRULY MANLY
Abstract
Seiring berkembangnya era digital komunikasi yang menyediakan media baru
memberikan kemudahan dalam menyalurkan dan menjangkau informasi, membuat
sebagian perusahaan memanfaatkannya untuk keperluan komunikasi pemasaran. Salah
satunya, menggunakan media sosial sebagai media untuk menjalankan strategi kreatif
iklan. Saat ini Arfa Barbershop merupakan satu-satunya perusahaan jasa potong rambut
laki-laki di kota Yogyakarta yang membuat strategi kreatif menggunakan media sosial
Youtube dalam format web series dalam membangun brand image, maka peneliti ingin
mengangkat penelitian yang berjudul “Penggunaan Web Series di Youtube Sebagai
Strategi Kreatif Arfa Barbershop dalam Membangun Brand Image Truly Manly”.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif- deskriptif yang menganalisis
hasil temuan yang dilakukan secara interaktif dari data yang diperoleh melalui
wawancara, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Arfa
Barbershop berserta Syafa’at Marcomm dan PH Ravacana Films membuat strategi
kreatif dimulai dari pra-produksi, produksi, hingga pasca-produksi web series Truly
Manly dengan tujuan menyampaikan pesan brand image Truly Manly menggunakan
nilai-nilai tauladan laki-laki, dengan pendekatan cerita yang emosional dan insipiratif
yang dicerminkan oleh karakter dari tokoh laki-laki dalam web series Truly Manly.