Show simple item record

dc.contributor.authorHARYONO DS, ROMI ITOK
dc.date.accessioned2018-10-31T03:53:18Z
dc.date.available2018-10-31T03:53:18Z
dc.date.issued2018
dc.identifier.urihttp://repository.umy.ac.id/handle/123456789/22733
dc.descriptionPenelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui hubungan antara tingkat pendidikan orang tua dengan prestasi akademik pada Siswa Kelas 11 SMK Muhammadiyah Wonosari Kabupaten Gunungkidul. 2) Mengetahui hubungan antara kemampuan orangtua memahami emosional anak dengan prestasi akademik pada Siswa Kelas 11 SMK Muhammadiyah Wonosari Kabupaten Gunungkidul. 3) Mengetahui hubungan antaratingkat pendidikan dan kemampuan orang tua memahami emosional anak dengan prestasi akademik pada Siswa Kelas 11 SMK Muhammadiyah Wonosari Kabupaten Gunungkidul. Penelitian ini menggunakan korelasional dengan analisis data berupa statistik deskriptif dan regresi ganda. Adapun populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh Siswa Kelas 11 SMK Muhammadiyah Wonosari Kabupaten Gunungkidul semeseter 2 tahun pelajaran 2017/2018 yang berjumlah 10 kelas x 30 orang siswa = 300 siswa, sehingga sampelnya ada 100 orang siswa. Sedangkan metode pengumpulan data yang digunakan yakni angket, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan secara sendiri antara tingkat pendidikan dengan prestasi akademik Siswa Kelas 11 SMK Muhammadiyah Wonosari Kabupaten Gunungkidul dan memberikan yang berarti tanpa ada pengaruh dari faktor lain. Artinya, pertama, semakin tinggi pendidikan orang tua maka semakin tinggi pula prestasi akademik siswa, dibuktikan dengan analisis yang membuktikan hasil r hitung lebih besar dari r tabel yaitu 0,810>0,329. Kedua, terdapat hubungan yang positif dan signifikan secara sendiri antara pemahaman emosional orang tua dengan prestasi akademik pada siswa, dibuktikan dengan analisis yang membuktikan hasil r hitung lebih besar dari r tabel yaitu 0,806>0,329. Ketiga, secara bersama-sama pendidikan dan pemahaman emosional orangtua mempunyai hubungan yang positifdan signifikan terhadap prestasi akademik siswa, dibuktikan dengn hasil perhitungan yang menunjukan dengan hasil indeks korelasi 0,857>0,329. Keempat, secara mandiri pendidikan orang tua memberikan sumbangan efektif sebesar 7,829% terhadap prestasi akademik dan pemahaman emosional orang tua memberikan sumbangan efektif sebesar 65,576% terhadap prestasi akademik. Keyword : tingkat pendidikan orang tua, pemahamam emosional orang tua dan prestasi akademik.en_US
dc.description.abstractThe research aimed at: 1) learning the correlation between parents level of education and academic achievement of Grade 11 students of SMK Muhammadiyah Wonosari Gunungkidul Municipality. 2) Learning the correlation between parents ability to understand the emoticon of students with academic achievement among Grade 11 students of SMK Muhammadiyah Wonosari Gunungkidul Municipality. 3) Learning the correlation between level of education and parents ability to understand students emotion with academic achievement among Grade 11 students of SMK Muhammadiyah Wonosari Gunungkidul Municipality. The research used correlation with descriptive statistics and double regression data analysis. The population of the research was all students of SMK Muhammadiyah Wonosari Gunungkidul Municipality in grade 11 second semester batch 2017/2018. The number of the students was 300 and the samples were 100 students. The data collecting method were questionnaire, interview, and documentation. The research indicates positive and significant correlation between level of education and the academic achievement of Grade 11 students of SMK Muhammadiyah Wonosari Gunungkidul Municipality respectively without other factors influence. It means, first the higher the parents education was the higher the students academic achievement became. It was proven by the result of r count which was bigger than r table which was 0,810>0,392. Second, there was positive and significant correlation respectively between parents emotional understanding and students academic achievement proven by r count which was bigger than r table 0,806>0,329. Third, at the same time education and parents emotional understanding had positive and significant correlation toward students academic achievement proven by correlation index 0,857>0,329. Fourth, independently, parents education provided effective contribution of 7,829 % toward academic achievement and parents emotional understanding provided effective contribution of 65,576% toward academic achievement. Keyword : parents education level, emotional understanding and academic achievement.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherMSI UMYen_US
dc.subjectparents education levelen_US
dc.subjectemotional understanding and academic achievement.en_US
dc.titleHUBUNGAN TINGKAT PENDIDIKAN DAN PEMAHAMAN ORANG TUA TERHADAP EMOSIONAL ANAK DENGAN PENINGKATAN PRESTASI AKADEMIK PADA SISWA KELAS 11 SMK MUHAMADIYAH WONOSARIen_US
dc.typeThesisen_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record