Show simple item record

dc.contributor.authorHIDAYAT, WACHID NUR
dc.date.accessioned2018-11-05T02:22:25Z
dc.date.available2018-11-05T02:22:25Z
dc.date.issued2018-11-10
dc.identifier.urihttp://repository.umy.ac.id/handle/123456789/22831
dc.descriptionLatar belakang: Peningkatan standar pelayanan kesehatan tidak bisa lepas dari kepuasan pelanggan sebagai pengguna jasa layanan. Kualitas pelayanan rumah sakit adalah unsur penting dalam jasa pelayanan kesehatan. Rumah sakit dituntut untuk memberikan pelayanan dengan kualitas terbaik, agar menjadi penyelenggara pelayanan kesehatan yang berperan aktif serta ikut mendukung tujuan pembangunan kesehatan dalam Sistem Kesehatan Nasional (SKN). Tujuan penelitian: Untuk menganalisis pengaruh standar pelayanan kesehatan dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pasien BPJS di Poliklinik Penyakit Dalam RSUD Prambanan. Metode: Penelitian ini deskriptif kuantitatif dengan pendekatan cross-sectional. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pasien peserta BPJS yang periksa di Poliklinik Penyakit Dalam RSUD Prambanan yaitu sebanyak 10.573 orang. Sampel penelitian ini sebanyak 100 orang dengan teknik pengambilan sampel yaitu purposive sampling. Analisis data menggunakan analisis regresi. Hasil: Standar pelayanan kesehatan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pasien. Kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pasien. Standar pelayanan kesehatan dan kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pasien BPJS di Poliklinik Penyakit Dalam RSUD Prambanan. Besarnya kontribusi standar pelayanan kesehatan dan kualitas pelayanan sebesar 60,8% sedangkan 39,2% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini Kesimpulan: Standar pelayanan kesehatan dan kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pasien BPJS di Poliklinik Penyakit Dalam RSUD Prambanan dengan kontribusi sebesar 60,8%.en_US
dc.description.abstractLatar belakang: Peningkatan standar pelayanan kesehatan tidak bisa lepas dari kepuasan pelanggan sebagai pengguna jasa layanan. Kualitas pelayanan rumah sakit adalah unsur penting dalam jasa pelayanan kesehatan. Rumah sakit dituntut untuk memberikan pelayanan dengan kualitas terbaik, agar menjadi penyelenggara pelayanan kesehatan yang berperan aktif serta ikut mendukung tujuan pembangunan kesehatan dalam Sistem Kesehatan Nasional (SKN). Tujuan penelitian: Untuk menganalisis pengaruh standar pelayanan kesehatan dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pasien BPJS di Poliklinik Penyakit Dalam RSUD Prambanan. Metode: Penelitian ini deskriptif kuantitatif dengan pendekatan cross-sectional. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pasien peserta BPJS yang periksa di Poliklinik Penyakit Dalam RSUD Prambanan yaitu sebanyak 10.573 orang. Sampel penelitian ini sebanyak 100 orang dengan teknik pengambilan sampel yaitu purposive sampling. Analisis data menggunakan analisis regresi. Hasil: Standar pelayanan kesehatan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pasien. Kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pasien. Standar pelayanan kesehatan dan kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pasien BPJS di Poliklinik Penyakit Dalam RSUD Prambanan. Besarnya kontribusi standar pelayanan kesehatan dan kualitas pelayanan sebesar 60,8% sedangkan 39,2% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini Kesimpulan: Standar pelayanan kesehatan dan kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pasien BPJS di Poliklinik Penyakit Dalam RSUD Prambanan dengan kontribusi sebesar 60,8%.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherMMR UMYen_US
dc.subjectSTANDAR PELAYANAN KESEHATANen_US
dc.subjectKUALITAS PELAYANAN DAN KEPUASAN PASIENen_US
dc.titlePENGARUH STANDAR PELAYANAN KESEHATAN DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN PENGGUNA BPJS DI RSUD PRAMBANAN YOGYAKARTAen_US
dc.typeThesisen_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record