Show simple item record

dc.contributor.advisorROCHIMAH, TRI HASTUTI NUR
dc.contributor.authorAJI, MUHAMMAD AFNAN BANU
dc.date.accessioned2018-11-06T07:07:07Z
dc.date.available2018-11-06T07:07:07Z
dc.date.issued2018-08-31
dc.identifier.urihttp://repository.umy.ac.id/handle/123456789/22914
dc.descriptionPenelitian ini menganalisis mengenai pemanfaatan media online yang dilakukan oleh Masjid Jogokariyan Yogyakarta dalam mebangun dan membina sebuah komunikasi dengan Aktivis Dakwah di tahun 2017. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan serta menganalisis sejauh mana pemanfaatan media online yag dilakukan oleh Masjid Jogokariyan dalam membangun komunikasi dengan Aktivis Dakwah yang ada dengan meninjau pada beberapa faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaannya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif, dengan teknik pengumpulan data melalui metode wawancara kepada pihak yang terlibat serta beberapa sumber dokumen yang diuji validitasnya dengan teknik triangulasi data. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pemanfaatan media online Masjid Jogokariyan Yogyakarta telah dilandasi pada tujuan, visi dan misi, namun hal tersebut tidak bertahan lama karena pada pengaplikasiannya, Masjid Jogokariyan memilih untuk menggunakan model perencanaan yang lebih fleksibel. Pengelolaan konten untuk memaksimalkan fungsi media online pada tahun 2017 juga telah dilaksanakan dan difokuskan pada media Facebook dan Instagram karena melihat dan mempertimbangkan kondisi kekinian serta efektifitas dari fungsi kedua platform media tersebut. Pengawasan dan evaluasi pemanfaatan media online Masjid Jogokariyan juga sudah berjalan cukup baik, walaupun masih ada beberapa pengawasan dan evaluasi yang secara general belum berjalan di beberapa platform karena terbatasnya fasilitas dari platform yang dimaksud.en_US
dc.description.abstractThis study analyzes the utilization of online media conducted by Jogokariyan Mosque of Yogyakarta in building and fostering communication with da'wah activists in 2017. This study aims to describe and analyze how far the utilization of online media is carried out by the Jogokariyan Mosque in building communication with existing da'wah activists by reviewing several supporting and inhibiting factors in its implementation. This study uses a descriptive qualitative research method, with data collection techniques through interview methods to the parties involved as well as several document sources tested for validity with data triangulation techniques. Based on this study, the result shows that the utilization of online media by Jogokariyan Mosque of Yogyakarta has been based on the objectives, vision, and mission, but this does not last long because, in its application, the Jogokariyan Mosque chooses to use a more flexible planning model. The management of content to maximize the function of online media in 2017 has also been implemented and focused on Facebook and Instagram media as they see and consider the current conditions and effectiveness of this two media platform functions. Moreover, supervision and evaluation of the utilization of online media at the Jogokariyan Mosque have also run quite well, although there are still a number of controls and evaluations that have not generally run on several platforms due to limited facilities from the intended platform.en_US
dc.publisherFAKULTAS ILMU SOSIAL DAN POLITIK UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTAen_US
dc.subjectThe Utilization Of Online Media, Mosque, Da'wah Activistsen_US
dc.titlePEMANFAATAN MEDIA ONLINE OLEH MASJID JOGOKARIYAN YOGYAKARTA DALAM MEMBANGUN KOMUNIKASI DENGAN AKTIVIS DAKWAH TAHUN 2017en_US
dc.typeThesis SKR FISIP 441en_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record