dc.contributor.advisor | WIDODO, WAHYU | |
dc.contributor.advisor | MUCHLISIN, MUCHLISIN | |
dc.contributor.author | ARDIAN, IKE DWI | |
dc.date.accessioned | 2018-12-08T04:05:33Z | |
dc.date.available | 2018-12-08T04:05:33Z | |
dc.date.issued | 2018-09-18 | |
dc.identifier.uri | http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/23317 | |
dc.description | Ruas jalan Yogyakarta-Wonosari merupakan salah satu ruas jalan arteri primer
yang memiliki mobilitas yang tinggi, yang kemudian menyebabkan seringnya
terjadi kecelakan pada ruasa jalan ini. Hal ini merupakan alasan utama
dilakukannya audit keselamatan jalan untuk mengindentifikasi serta menganalisis
situasi yang sangat berisiko atau berpotensi menyebabkan terjadinya kecelakaan.
Sehingga, penelitian ini bertujuan untuk; mengidentifikasi karakteristik penyebab
kecelakaan, mengevaluasi dan mengkaji potensi permasalahan pada pengoperasian
keselamatan jalan, menganalisis JPH dan JPM 4, dan dapat memberikan pilihan
rekomendasi untuk perbaikaan jalan Yogyakarta-Wonosari. Dengan pengumpulan
dan menganalisis data primer dan sekunder, diperoleh jumlah korban terbanyak
mengalami luka ringan adalah 155 orang serta faktor terbanyak penyebab kecelakan
yaitu faktor manusia sebanyak 91 kejadian. Berdasarkan usia korban, kecelakaan
yang terbanyak yaitu usia 26-35 tahun sebanyak 87 orang, sedangkan berdasarkan
jenis kelamin, adalah laki-laki sebanyak 201 orang. Disisi lain, jenis kendaraan
yang terbanyak terlibat kecelakaan adalah kendaraan sepeda motor, sebanyak 164,
dan berdasarkan proses kejadian perkara, jenis kejadian yang paling banyak terjadi
adalah KDK (Kecelakaan Tanpa Gerakan Membelok Dua Kendaraan) ,sebanyak
57 kejadian. Kemudian, dapat juga disimpulkan bahwa jarak pandang henti, 41,81
m dan 43,96 m, dijalan tidak aman karena nilainya lebih kecil dari pada jarak
pandang henti rencana yaitu sebesar 84,64 m, sedangkan jarak pandang menyiap
dijalan juga tidak aman karena jarak pandang menyiap, 193,51 m dan 201,96 m,
lebih kecil dari pada jarak pandang menyiap rencana yaitu sebesar 302,68 m. | en_US |
dc.description.abstract | The Yogyakarta-Wonosari road segment is one of the primary arterial roads that
has high mobility, then causing frequent accidents to the road. This is the main
reason for a road safety audit to identify and analyze the situations which are very
risky or have the potential to cause accidents. Hence, the research aim is; to identify
accident-causing characteristics, to evaluate and assess potential problems in road
safety operations, to analyze JPH and JPM 4, and to be able to provide
recommendations for the further improvements to the Yogyakarta-Wonosari road.
By collecting and analyzing primary and secondary data, the highest number of
accident victim was 155 people and the most frequent cause was because of human,
at 91 cases. Moreover, based on the age of the victims, the highest number of
accidents is on the age of 26-35 years old, with 87 people, while based on sex, men
are likely to be a victims, for 201 people. On the other hand, the types of vehicles
that were most involved in accidents were motorbikes, 164, and based on the case
process, the most common types of incidents were the two-vehicle accidents without
turning movements, for 57 events. Thus, it can also be concluded that the visibility,
41.81m and 43.96m, is not safe due to its value which is smaller than the planed
visibility that is equal to 84.64 m, while overtaking visibility is also not safe because
the value, 193.51m and 201.96m, is smaller than the overtaking visibility on the
plan, which is 302.68m. | en_US |
dc.publisher | FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA | en_US |
dc.subject | Road Safety Audit, Accident Characteristics, Visibility, Overtaking Visibility. | en_US |
dc.title | AUDIT KESELAMATAN JALAN, STUDI KASUS JALAN WONOSARI Km 8-10, KABUPATEN BANTUL, YOGYAKARTA | en_US |
dc.type | Thesis
SKR
F T
629 | en_US |