PENGARUH KEPEMIMPINAN PEMBELAJARAN KEPALA SEKOLAH TERHADAP KINERJA GURU DI SMP MUHAMMADIYAH AL MUJAHIDIN YOGYAKARTA
Abstract
Penelitian ini dengan tujuan untuk : (1) mengetahui bagaimana
kemampuan kepemimpinan pembelajaran kepala sekolah, (2) mengetahui
bagaimana kinerja guru, (3) mengetahui pengaruh kepemimpinan pembelajaran
kepala sekolah terhadap kinerja guru (4) mengetahui faktor penghambat
kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru, (5) mengetahui strategi
kepemimpinan pembelajaran kepala sekolah untuk mengatasi kinerja guru di SMP
Muhammadiyah Al Mujahidin Yogyakarta.
Penelitian ini menggunakan pendekatan “mixed method”, dengan
sampel proposional sampling. Data dikumpulkan dengan wawancara, dokumen,
dan kuersioner model skala likert. Data dianalisis secara deskriptif, prosentase,
dan non parametrik.
Hasil dari pelitian ini yaitu kemampuan kepemimpinan pembelajaran
kepala sekolah SMP Muhammadiyah Al Mujahidin sebesar 96.6%. Hasil kinerja
guru sebesar 79,5% maka dapat dikatakan kinerja guru SMP Muhammadiyah Al
Mujahidin tergolong sangat baik. Hasil autokorelasi sebesar 0,737 > 0,05
bermakna tidak ada pengaruh antara kepemimpinan pembelajaran kepala sekolah
terhadap kinerja guru.. Faktor menghambat kepemimpinan pembelajaran kepala
sekolah adalah faktor internal. kemudian strategi dalam mengembangkan
kemampuan guru kepala sekolah melakukan pelatihan guru, supervisi dan
membuatkan buku dan laporan kerja guru.