Show simple item record

dc.contributor.advisorJAMALUDDIN, SYAKIR
dc.contributor.authorLATIFA, NISTRIANNISA
dc.date.accessioned2019-01-09T03:53:35Z
dc.date.available2019-01-09T03:53:35Z
dc.date.issued2018-12-11
dc.identifier.urihttp://repository.umy.ac.id/handle/123456789/23707
dc.descriptionPenelitian ini bertujuan untuk membahas penerapan etika bisnis Islam pada para pedagang pasar Beringharjo dalam strategi pemasarannya. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan penelitian kualitatif deskriptif. Peneliti mengumpulkan data melalui teknik observasi (pengamatan), wawancara dan dokumentasi. Pelaksanaan teknik pemeriksaan keabsahan data didasarkan atas kriteria tertentu yaitu uji derajat kepercayaan (credibility), uji keteralihan (tranferability), uji kebergantugan (dependability), dan uji kepastian (confirmability). Dari penelitian ini dapat diketahui bahwa para pedagang pasar Beringharjo telah menerapkan etika bisnis Islam dalam strategi pemasarannya. Hal tersebut dapat dilihiat dari cara pedagang melayani para konsumen dengan baik, menjaga keramahan, senantiasa berkata jujur, memiliki rasa tanggung jawab yang besar jika terjadi kecacatan dalam barang yang diperjual belikannya dan dalam bertransaksi semata-mata tidak hanya untuk mencari keuntungan namun juga mencari ridho Allah. Selain itu para pedagang juga selalu mendapatkan siraman rohani setiap minggunya dari pihak pengelola pasar, hal tersebut untuk membantu para pedagang agar selalu mempertahankan syariah Islam dalam setiap transaksinya.en_US
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk membahas penerapan etika bisnis Islam pada para pedagang pasar Beringharjo dalam strategi pemasarannya. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan penelitian kualitatif deskriptif. Peneliti mengumpulkan data melalui teknik observasi (pengamatan), wawancara dan dokumentasi. Pelaksanaan teknik pemeriksaan keabsahan data didasarkan atas kriteria tertentu yaitu uji derajat kepercayaan (credibility), uji keteralihan (tranferability), uji kebergantugan (dependability), dan uji kepastian (confirmability). Dari penelitian ini dapat diketahui bahwa para pedagang pasar Beringharjo telah menerapkan etika bisnis Islam dalam strategi pemasarannya. Hal tersebut dapat dilihiat dari cara pedagang melayani para konsumen dengan baik, menjaga keramahan, senantiasa berkata jujur, memiliki rasa tanggung jawab yang besar jika terjadi kecacatan dalam barang yang diperjual belikannya dan dalam bertransaksi semata-mata tidak hanya untuk mencari keuntungan namun juga mencari ridho Allah. Selain itu para pedagang juga selalu mendapatkan siraman rohani setiap minggunya dari pihak pengelola pasar, hal tersebut untuk membantu para pedagang agar selalu mempertahankan syariah Islam dalam setiap transaksinya.en_US
dc.publisherFAKULTAS AGAMA ISLAM UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTAen_US
dc.subjectEtika Bisnis Islam, Strategi Pemasaran.en_US
dc.titlePENERAPAN ETIKA BISNIS ISLAM DALAM STRATEGI PEMASARAN (STUDI KASUS SEKTOR PENJUALAN PAKAIAN PADA PASAR BERINGHARJO YOGYAKARTA)en_US
dc.typeThesis SKR FAI 445en_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record