dc.contributor.advisor | PURBOHADI, DWIJOKO | |
dc.contributor.advisor | SUSANTO, CHAYADI OKTOMY NOTO | |
dc.contributor.author | PRATAMA, RIZKY ARYA | |
dc.date.accessioned | 2019-01-09T04:09:04Z | |
dc.date.available | 2019-01-09T04:09:04Z | |
dc.date.issued | 2018-11-05 | |
dc.identifier.uri | http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/23711 | |
dc.description | Perkembangan aplikasi mobile menjadi cukup pesat akhir akhir ini. Banyak instansi yang
mulai memanfaatkan perkembangan ini untuk memajukan kinerja perusahaan mereka baik di
kantor maupun di lapangan. PDAM (perusahaan daerah air minum) adalah satu instansi yang
mulai mengembangkan aplikasi mobile sebagai sarana peningkatan distribusi air bersih bagi
masyarakat umum.
Dalam mendistribusikan air bersih, PDAM bekerja sama dengan kontraktor untuk
melakukan penyambungan air. Kontraktor sebagai petugas lapangan yang bertanggung jawab
dalam proses instalasi air akan memberikan laporan terkait pelanggan baru. Karena laporan
pelanggan baru masih menggunakan kertas, proses pengiriman laporan jadi memakan waktu. Hal
ini membuat pihak PDAM mengalami keterlamabatan dalam pendataan pelanggan baru.
Demi menanggulangi keterlambatan tersebut, penulis mengembangkan aplikasi mobile
berbasis android yang mampu membatu PDAM menerima laporan pelanggan baru secara real
time. | en_US |
dc.description.abstract | The development of mobile applications has become greater lately. Many agencies are
beginning to take advantage of these developments to advance the performance of their companies
both in the office and in the public. The PDAM (a regional water company) is the one of agency
that has begun to develop mobile applications as a tool to increasing clean water distribution for
the general public.
In the distribution of clean water, the PDAM cooperate with many contractors to
installing water. The contractor as a public agent has responsibility for the water installation
process and provide a report about the new customers. The process of sending reports takes a
long time because reports of new customers is on the paper. It causing the PDAM late to collect
the data of new customers.
To overcome this problem, writer developed an Android-based mobile application that is
able to help PDAM receive the report of new customer in real time. | en_US |
dc.publisher | FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA | en_US |
dc.title | MENINGKATKAN KECEPATAN LAPORAN PENYAMBUNGAN PELANGGAN PDAM DENPASAR BERBASIS ANDROID | en_US |
dc.type | Thesis
SKR
F T
585 | en_US |