dc.contributor.advisor | IMAM, MARSUDI | |
dc.contributor.author | SHANAZ, INDAH | |
dc.date.accessioned | 2019-01-10T02:45:58Z | |
dc.date.available | 2019-01-10T02:45:58Z | |
dc.date.issued | 2018 | |
dc.identifier.uri | http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/23737 | |
dc.description | Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji bagaimana perencanaan, proses
pelaksanaan, serta untuk menganalisis hasil pencapaian dari pelaksanaanan
program pembelajaran Tahsin dan Tadfidz Al-Qur’an yang dilaksanakan di SMP
Muhammadiyah 3 Yogyakarta.
Penelitian ini merupakan penelitian studi lapangan (field research)
menggunakan pendekatan penelitian kualitatif deskriptif dengan model evaluasi
CIPP (Context Input Process Product). Data dikumpulkan dengan menggunakan
hasil wawancara, observasi dan dokumentasi pelaksanaan program. Kemudian
data tersebut dianalisis secara deskriptif dengan menggunakan proses analisis data
dengan tahapan reduksi data, penyajian data serta kesimpulan atau verivikasi data.
Setelah dilakukan analisis data maka diperoleh hasil Evaluasi context
(konteks) menunjukan bahwa program pembelajaran tahsin dan tahfidz al-Qur’an
masih kurang baik, karena perencanaan yang masih secara umum serta belum
adanya dokumentasi dan data yang spesifik untuk mendukung pelaksanan
program. Evaluasi input (masukan), dengan dilakukannya pemilahan ketika
selesai penerimaan siswa baru terhadap siswa yang sudah memiliki pengetahuan
tentang membaca al-Qur’an dirasa lebih baik agar mempercepat pelasanaan
penerimaan jika dilakukan sebelum penerimaan. Pelaksanaan program atau
evaluasi process (proses) menunjukkan bahwa kesesuainya jadwal pembelajaran
sudah baik karena sudah dimasukkan dalam kegiatan belajar mengajar (KBM)
hanya saja untuk kelas tahfidz masih kurang ideal jika dilakukan hanya satu kali
seminggu. Pencapaian program tahsin dan tahfidz al-Qur’an atau evaluasi product
(hasil) menyimpulkan bahwa Secara keseluruhan pelaksanaan program tahsin dan
tahfidz di SMP Muhammadiyah 3 Yogyakarta sudah mengalami peningkatan
walupun belum dikatakan signifikan dan berhasil karena program tersebut
merupakan program baru dilaksanakan. | en_US |
dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji bagaimana perencanaan, proses
pelaksanaan, serta untuk menganalisis hasil pencapaian dari pelaksanaanan
program pembelajaran Tahsin dan Tadfidz Al-Qur’an yang dilaksanakan di SMP
Muhammadiyah 3 Yogyakarta.
Penelitian ini merupakan penelitian studi lapangan (field research)
menggunakan pendekatan penelitian kualitatif deskriptif dengan model evaluasi
CIPP (Context Input Process Product). Data dikumpulkan dengan menggunakan
hasil wawancara, observasi dan dokumentasi pelaksanaan program. Kemudian
data tersebut dianalisis secara deskriptif dengan menggunakan proses analisis data
dengan tahapan reduksi data, penyajian data serta kesimpulan atau verivikasi data.
Setelah dilakukan analisis data maka diperoleh hasil Evaluasi context
(konteks) menunjukan bahwa program pembelajaran tahsin dan tahfidz al-Qur’an
masih kurang baik, karena perencanaan yang masih secara umum serta belum
adanya dokumentasi dan data yang spesifik untuk mendukung pelaksanan
program. Evaluasi input (masukan), dengan dilakukannya pemilahan ketika
selesai penerimaan siswa baru terhadap siswa yang sudah memiliki pengetahuan
tentang membaca al-Qur’an dirasa lebih baik agar mempercepat pelasanaan
penerimaan jika dilakukan sebelum penerimaan. Pelaksanaan program atau
evaluasi process (proses) menunjukkan bahwa kesesuainya jadwal pembelajaran
sudah baik karena sudah dimasukkan dalam kegiatan belajar mengajar (KBM)
hanya saja untuk kelas tahfidz masih kurang ideal jika dilakukan hanya satu kali
seminggu. Pencapaian program tahsin dan tahfidz al-Qur’an atau evaluasi product
(hasil) menyimpulkan bahwa Secara keseluruhan pelaksanaan program tahsin dan
tahfidz di SMP Muhammadiyah 3 Yogyakarta sudah mengalami peningkatan
walupun belum dikatakan signifikan dan berhasil karena program tersebut
merupakan program baru dilaksanakan. | en_US |
dc.publisher | FAKULTAS AGAMA ISLAM UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA | en_US |
dc.subject | evaluasi, program tahsin, tahfidz al-Qur’an, evaluasi tahsin dan tahfidz | en_US |
dc.title | EVALUASI PROGRAM TAHSIN DAN TAHFIDZ AL-QUR’AN DI SMP MUHAMMADIYAH 3 YOGYAKARTA | en_US |
dc.type | Thesis
SKR
FAI
373 | en_US |