Show simple item record

dc.contributor.advisorIMAM, MARSUDI
dc.contributor.authorSHANAZ, INDAH
dc.date.accessioned2019-01-10T02:45:58Z
dc.date.available2019-01-10T02:45:58Z
dc.date.issued2018
dc.identifier.urihttp://repository.umy.ac.id/handle/123456789/23737
dc.descriptionPenelitian ini bertujuan untuk mengkaji bagaimana perencanaan, proses pelaksanaan, serta untuk menganalisis hasil pencapaian dari pelaksanaanan program pembelajaran Tahsin dan Tadfidz Al-Qur’an yang dilaksanakan di SMP Muhammadiyah 3 Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian studi lapangan (field research) menggunakan pendekatan penelitian kualitatif deskriptif dengan model evaluasi CIPP (Context Input Process Product). Data dikumpulkan dengan menggunakan hasil wawancara, observasi dan dokumentasi pelaksanaan program. Kemudian data tersebut dianalisis secara deskriptif dengan menggunakan proses analisis data dengan tahapan reduksi data, penyajian data serta kesimpulan atau verivikasi data. Setelah dilakukan analisis data maka diperoleh hasil Evaluasi context (konteks) menunjukan bahwa program pembelajaran tahsin dan tahfidz al-Qur’an masih kurang baik, karena perencanaan yang masih secara umum serta belum adanya dokumentasi dan data yang spesifik untuk mendukung pelaksanan program. Evaluasi input (masukan), dengan dilakukannya pemilahan ketika selesai penerimaan siswa baru terhadap siswa yang sudah memiliki pengetahuan tentang membaca al-Qur’an dirasa lebih baik agar mempercepat pelasanaan penerimaan jika dilakukan sebelum penerimaan. Pelaksanaan program atau evaluasi process (proses) menunjukkan bahwa kesesuainya jadwal pembelajaran sudah baik karena sudah dimasukkan dalam kegiatan belajar mengajar (KBM) hanya saja untuk kelas tahfidz masih kurang ideal jika dilakukan hanya satu kali seminggu. Pencapaian program tahsin dan tahfidz al-Qur’an atau evaluasi product (hasil) menyimpulkan bahwa Secara keseluruhan pelaksanaan program tahsin dan tahfidz di SMP Muhammadiyah 3 Yogyakarta sudah mengalami peningkatan walupun belum dikatakan signifikan dan berhasil karena program tersebut merupakan program baru dilaksanakan.en_US
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengkaji bagaimana perencanaan, proses pelaksanaan, serta untuk menganalisis hasil pencapaian dari pelaksanaanan program pembelajaran Tahsin dan Tadfidz Al-Qur’an yang dilaksanakan di SMP Muhammadiyah 3 Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian studi lapangan (field research) menggunakan pendekatan penelitian kualitatif deskriptif dengan model evaluasi CIPP (Context Input Process Product). Data dikumpulkan dengan menggunakan hasil wawancara, observasi dan dokumentasi pelaksanaan program. Kemudian data tersebut dianalisis secara deskriptif dengan menggunakan proses analisis data dengan tahapan reduksi data, penyajian data serta kesimpulan atau verivikasi data. Setelah dilakukan analisis data maka diperoleh hasil Evaluasi context (konteks) menunjukan bahwa program pembelajaran tahsin dan tahfidz al-Qur’an masih kurang baik, karena perencanaan yang masih secara umum serta belum adanya dokumentasi dan data yang spesifik untuk mendukung pelaksanan program. Evaluasi input (masukan), dengan dilakukannya pemilahan ketika selesai penerimaan siswa baru terhadap siswa yang sudah memiliki pengetahuan tentang membaca al-Qur’an dirasa lebih baik agar mempercepat pelasanaan penerimaan jika dilakukan sebelum penerimaan. Pelaksanaan program atau evaluasi process (proses) menunjukkan bahwa kesesuainya jadwal pembelajaran sudah baik karena sudah dimasukkan dalam kegiatan belajar mengajar (KBM) hanya saja untuk kelas tahfidz masih kurang ideal jika dilakukan hanya satu kali seminggu. Pencapaian program tahsin dan tahfidz al-Qur’an atau evaluasi product (hasil) menyimpulkan bahwa Secara keseluruhan pelaksanaan program tahsin dan tahfidz di SMP Muhammadiyah 3 Yogyakarta sudah mengalami peningkatan walupun belum dikatakan signifikan dan berhasil karena program tersebut merupakan program baru dilaksanakan.en_US
dc.publisherFAKULTAS AGAMA ISLAM UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTAen_US
dc.subjectevaluasi, program tahsin, tahfidz al-Qur’an, evaluasi tahsin dan tahfidzen_US
dc.titleEVALUASI PROGRAM TAHSIN DAN TAHFIDZ AL-QUR’AN DI SMP MUHAMMADIYAH 3 YOGYAKARTAen_US
dc.typeThesis SKR FAI 373en_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record