Show simple item record

dc.contributor.advisorSHODIQ, SADAM FAJAR
dc.contributor.authorMA'RUF, MUHAMMAD IQBAL
dc.date.accessioned2019-01-11T02:07:14Z
dc.date.available2019-01-11T02:07:14Z
dc.date.issued2018
dc.identifier.urihttp://repository.umy.ac.id/handle/123456789/23755
dc.descriptionPembentukkan karakter perlu dan penting untuk peserta didik upaya penyelenggaraan pendidikan karakter di SMP Muhammadiyah 2 Kalasan. Pihak sekolah dan stakeholder sebagai pijakan terlaksananya pembentukan karatkter bagi peserta didik. Tujuan pembentukkan karakter yakni untuk mendorong lahirnya peserta didik yang memiliki karakter dan berkepribadian baik agar melekat pada diri peserta didik. Pembentukan karakter yang digunakan sebagai pijakan dan mampunyai keterikatan terhadap karakter lainnya adalah karakter jujur dan religius. Oleh karena itu, tujuan peneltian ini adalah untuk mengetahui konsep dan pelaksanaan implementasi pendidikan agama Islam berbasis karakter jujur dan religius. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data terdiri dari observasi, wawancara dan dokumentasi. Didukung dengan dokumentasi aktivitas peserta didik di SMP Muhammadiyah 2 Kalasan. Subjek penelitian ini adalah peserta didik, guru aqidah akhlaq, wakil kepala sekolah bidang ismuba dan kepala sekolah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsep implementasi pendidikan agama Islam berbasis karakter jujur dan religius yang sudah dirancang dan berjalan dengan baik, selaras dengan visi dan misi SMP Muhammadiyah 2 Kalasan. Implementasi pendidikan agama Islam berbasis karakter jujur dan religius dari segi pendekatan, metode, strategi, dan upaya internaliasi nilai karkater jujur dan religius sudah berjalan dengan baik. Faktor pendukung dari segi pendekatan, metode, strategi dan upaya internaliasi nilai karakter jujur dan religius yakni, bebera, pa pihak sekolah sudah menyediakan fasilitas sarana dan prasana untuk menunjang pelaksanaan implementasi pendidikan agama Islam berbasis karakter jujur dan religius. Selain itu, ditemukan faktor penghambat dari segi pendekatan, metode, strategi dan upaya internalisasi nilai jujur dan religius yakni proses pembelajaran yang belum kondusif dan terdapat beberapa peserta didik yang belum memiliki kesadaran untuk membiasakan karakter jujur dan religius dalam lingkungan sekolah.en_US
dc.description.abstractPembentukkan karakter perlu dan penting untuk peserta didik upaya penyelenggaraan pendidikan karakter di SMP Muhammadiyah 2 Kalasan. Pihak sekolah dan stakeholder sebagai pijakan terlaksananya pembentukan karatkter bagi peserta didik. Tujuan pembentukkan karakter yakni untuk mendorong lahirnya peserta didik yang memiliki karakter dan berkepribadian baik agar melekat pada diri peserta didik. Pembentukan karakter yang digunakan sebagai pijakan dan mampunyai keterikatan terhadap karakter lainnya adalah karakter jujur dan religius. Oleh karena itu, tujuan peneltian ini adalah untuk mengetahui konsep dan pelaksanaan implementasi pendidikan agama Islam berbasis karakter jujur dan religius. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data terdiri dari observasi, wawancara dan dokumentasi. Didukung dengan dokumentasi aktivitas peserta didik di SMP Muhammadiyah 2 Kalasan. Subjek penelitian ini adalah peserta didik, guru aqidah akhlaq, wakil kepala sekolah bidang ismuba dan kepala sekolah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsep implementasi pendidikan agama Islam berbasis karakter jujur dan religius yang sudah dirancang dan berjalan dengan baik, selaras dengan visi dan misi SMP Muhammadiyah 2 Kalasan. Implementasi pendidikan agama Islam berbasis karakter jujur dan religius dari segi pendekatan, metode, strategi, dan upaya internaliasi nilai karkater jujur dan religius sudah berjalan dengan baik. Faktor pendukung dari segi pendekatan, metode, strategi dan upaya internaliasi nilai karakter jujur dan religius yakni, bebera, pa pihak sekolah sudah menyediakan fasilitas sarana dan prasana untuk menunjang pelaksanaan implementasi pendidikan agama Islam berbasis karakter jujur dan religius. Selain itu, ditemukan faktor penghambat dari segi pendekatan, metode, strategi dan upaya internalisasi nilai jujur dan religius yakni proses pembelajaran yang belum kondusif dan terdapat beberapa peserta didik yang belum memiliki kesadaran untuk membiasakan karakter jujur dan religius dalam lingkungan sekolah.en_US
dc.publisherFAKULTAS AGAMA ISLAM UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTAen_US
dc.subjectpendidikan agama Islam, karakter jujur, karakter religius.en_US
dc.titleIMPLEMENTASI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERBASIS KARAKTER JUJUR DAN RELIGIUS DI SMP MUHAMMADIYAH 2 KALASANen_US
dc.typeThesis SKR FAI 371en_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record