Show simple item record

dc.contributor.advisorKHILMIYAH, AKIF
dc.contributor.authorQOIRIYAH, SITI AMANATUL
dc.date.accessioned2019-01-14T01:42:44Z
dc.date.available2019-01-14T01:42:44Z
dc.date.issued2018
dc.identifier.urihttp://repository.umy.ac.id/handle/123456789/23808
dc.descriptionPenelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui apa saja program kepala sekolah dalam penguatan budaya sekolah Islami di SMP Muhammadiyah 2 Yogyakarta. 2) Mengetahui pelaksanaan program budaya sekolah Islami di SMP Muhammadiyah 2 Yogyakarta. 3) Mengukur sejauh mana keberhasilan penguatan budaya sekolah Islami di SMP Muhammadiyah 2 Yogyakarta. 4) Mengkaji kemampuan kepemimpinan pembelajaran kepala sekolah dalam penguatan budaya sekolah Islami di SMP Muhammadiyah 2 Yogyakarta. Jenis penelitian ini adalah evaluasi ekspos fakto (expose facto evaluation research), menggunakan pendekatan penelitian mix methods. Subjek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, waka keIslaman, guru ISMUBA, dan para siswa SMP Muhammadiyah 2 Yogyakarta. Adapun teknik pengumpulan datanya menggunakan teknik observasi, wawancara, dokumentasi dan angket. Teknik analisis data kualitatifnya adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data serta kesimpulan dan verifikasi, selanjutnya analisis data kuantitatifnya menggunakan teknik deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : 1) Program budaya sekolah Islami di SMP Muhammadiyah 2 Yogyakarta berupa, do’a sebelum dan sesudah belajar, solat wajib berjama’ah, solat Dhuha, tadarus Al-Qur’an, serta antri ketika makan siang dan jajan. 2) Pelaksanaan program budaya sekolah Islami di SMP Muhammadiyah 2 Yogyakarta berjalan dengan baik dan lancar. 3) Keberhasilan program budaya sekolah Islami yaitu, do’a sebelum dan sesudah belajar (78,89%), solat wajib berjama’ah (85,83%), solat Dhuha (73,06%), tadarus Al-Qur’an (85%), serta antri makan siang dan jajan (83,06%). Dan 4) kemampuan kepemimpinan pembelajaran kepala sekolah dalam penguatan budaya sekolah Islami sudah baik, kepala sekolah telah melakukan perencanaan, pengorganisasian, penggerakan, pengontrolan, mengevaluasi. Namun kepala sekolah harus meningkatkan kemampuan dalam melakukan evaluasi program budaya sekolah Islami.en_US
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui apa saja program kepala sekolah dalam penguatan budaya sekolah Islami di SMP Muhammadiyah 2 Yogyakarta. 2) Mengetahui pelaksanaan program budaya sekolah Islami di SMP Muhammadiyah 2 Yogyakarta. 3) Mengukur sejauh mana keberhasilan penguatan budaya sekolah Islami di SMP Muhammadiyah 2 Yogyakarta. 4) Mengkaji kemampuan kepemimpinan pembelajaran kepala sekolah dalam penguatan budaya sekolah Islami di SMP Muhammadiyah 2 Yogyakarta. Jenis penelitian ini adalah evaluasi ekspos fakto (expose facto evaluation research), menggunakan pendekatan penelitian mix methods. Subjek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, waka keIslaman, guru ISMUBA, dan para siswa SMP Muhammadiyah 2 Yogyakarta. Adapun teknik pengumpulan datanya menggunakan teknik observasi, wawancara, dokumentasi dan angket. Teknik analisis data kualitatifnya adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data serta kesimpulan dan verifikasi, selanjutnya analisis data kuantitatifnya menggunakan teknik deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : 1) Program budaya sekolah Islami di SMP Muhammadiyah 2 Yogyakarta berupa, do’a sebelum dan sesudah belajar, solat wajib berjama’ah, solat Dhuha, tadarus Al-Qur’an, serta antri ketika makan siang dan jajan. 2) Pelaksanaan program budaya sekolah Islami di SMP Muhammadiyah 2 Yogyakarta berjalan dengan baik dan lancar. 3) Keberhasilan program budaya sekolah Islami yaitu, do’a sebelum dan sesudah belajar (78,89%), solat wajib berjama’ah (85,83%), solat Dhuha (73,06%), tadarus Al-Qur’an (85%), serta antri makan siang dan jajan (83,06%). Dan 4) kemampuan kepemimpinan pembelajaran kepala sekolah dalam penguatan budaya sekolah Islami sudah baik, kepala sekolah telah melakukan perencanaan, pengorganisasian, penggerakan, pengontrolan, mengevaluasi. Namun kepala sekolah harus meningkatkan kemampuan dalam melakukan evaluasi program budaya sekolah Islami.en_US
dc.publisherFAKULTAS AGAMA ISLAM UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTAen_US
dc.subjectEvaluasi, Kepala sekolah, Pembelajaran,Budaya sekolah Islamien_US
dc.titleEVALUASI KEMAMPUAN KEPEMIMPINAN PEMBELAJARAN KEPALA SEK OLAH DALAM PENGUATAN BUDAYA SEKOLAH ISLAMI DI SMP MUHAMMADIYAH 2 YOGYAKARTAen_US
dc.typeThesis SKR FAI 420en_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record