HUBUNGAN KEAKTIFAN BERORGANISASI DENGAN KECERDASAN EMOSI PADA SISWA SMK N 1 PENGASIH KULONPROGO
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Untuk mengetahui tingkat keaktifan berorganisasi siswa. (2) Untuk mengetahui tingkat kecerdasan emosi siswa yang mengikuti organisasi. (3) Untuk menemukan hubungan tingkat keaktifan berorganisasi siswa dengan kecerdasan emosi siswa. Subjek penelitian adalah 39 siswa pengurus OSIS yang diambil dengan metode teknik sampling jenuh. Penelitian ini dilakukan dengan metode kuantitatif dengan pendekatan deskriptif model korelatif. Instrumen pengambilan data menggunakan angket, observasi dan dokumentasi yang kemudian dianalisis menggunakan analisis statistic deskriptif dengan teknik analisis korelasi product moment.
Berdasarkan hasil penghitungan analisis data diperoleh hasil (1) tingkat kecerdasan emosi siswa yang telah dilakukan diketahui bahwa kategori Sangat Tinggi dengan presentase perolehan nilai 38.4 %. (2) tingkat keaktifan berorganisasi siswa yang telah dilakukan diketahui bahwa kategori Sangat Tinggi dengan presentase perolehan nilai 48%. Serta (3) Nilai indeks korelasi sebesar 0,74 jika dikonsultasikan angka r (0,74) yang berada antara 0,70 > 0,90 termasuk dalam kategori korelasi yang kuat, berarti antara variabel x dan variabel y terdapat korelasi yang kuat atau tinggi.