RELIGIUSITAS MAHASISWI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA TAHUN 2018
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis religiusitas pada Mahasiswi Pendidikan Agama Islam Universitas Muhammadiyah Yogyakarta tahun 2018 yang difokuskan pada motivasi pemakaian busana syar’i.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Jumlah populasi dalam penelitian ini adalah 398 mahasiswi. Teknik pengambilan sampel dengan jumlah keseluruhan mahasiswi angkatan 2018, yaitu 97 mahasiswi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dengan menganalisis 5 (lima) aspek religiusitas, yaitu aspek ideology, aspek public practice, aspek private practice yang di dalamnya terdapat indikator-indikator motivasi berbusana syar’i dan aspek religious experience.
Hasilnya menunjukkan bahwa 5 (lima) aspek religiusitas pada Mahasiswi Pendidikan Agama Islam Universitas Muhammadiyah Yogyakarta tahun 2018 berada pada kategorisasi tinggi dengan presentase 86% pada aspek intellectual, 97% pada aspek ideology, 86% pada aspek public practice, 99% pada aspek private practice dan 91% pada aspek religious experience. Dari kelima aspek religiusitas, hasil analisis data yang telah dilakukan menunjukkan bahwa aspek private practice yang didalamnya terdapat indikator-indikator motivasi berbusana syar’i berada dalam kategorisasi tinggi, yaitu sebesar 99%.