STRATEGI PROMOSI BIRO PENERIMAAN MAHASISWA BARU UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA DALAM MENARIK CALON MAHASISWA BARU TAHUN 2015-2016
Abstract
Penelitian ini membahas bagaimana penerapan aktivitas strategi promosi yang
dilakukan oleh Biro Penmaru Universitas Muhammadiyah Yogyakarta dalam
menark calon mahasiswa baru. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan
bagaimana aktivitas strategi promosi Biro Penmaru UMY dalam menarik calon
mahasiswa baru. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif.
Penelitian dilakukan di Biro Penerimaan Mahasiswa Baru Universitas
Muhammadiyah Yogyakarta, Jl. Lingkar Barat Tamantirto, Kasihan, Bantul-
Yogyakarta. Metode pengumpulan data melalui wawancara dan dokumentasi.
Analisi data dalam penelitian ini menggunakan teknik triangulasi data. Dari hasil
penelitian dapat diketahui Biro Penmaru UMY menggunakan yaitu roadshow,
pameran pendidikan,kunjungan wisata kampus, dan mudik promosi pada saluran
personal. Sedangkan pada saluran non-personal menggunakan media massa
seperti koran, televisi, radio, billboard dan media internet seperti website dan
sosial media.