Show simple item record

dc.contributor.advisorSUCIATI, SUCIATI
dc.contributor.advisorAZIZ, ZUHDAN
dc.contributor.authorHIDAYAT, AKBAR NUR
dc.date.accessioned2019-03-01T02:33:41Z
dc.date.available2019-03-01T02:33:41Z
dc.date.issued2018
dc.identifier.urihttp://repository.umy.ac.id/handle/123456789/25605
dc.descriptionPenelitian ini meneliti proses adaptasi guru sekolah dasar laboratorium dalam interaksi beda budaya dengan murid. Dalam proses adaptasi ini meliputi empat fase adaptasi yaitu fase optimistik, fase masalah kultural, fase recovery dan fase penyesuaian. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan proses Adaptasi Guru Sekolah Dasar Laboratorium Dalam Interaksi Beda Budaya Dengan Murid dan untuk mengetahui faktor- faktor apa saja yang menghambat dan menunjang adaptasi dan komunikasi guru sekolah laboratorium dalam interaksi beda budaya dengan murid. Penelitian ini penting karena untuk menjadi referensi bagi tenaga pengajar untuk mengetahui hambatan dan kendala proses interaksi guru dengan murid antar budaya yang berbeda dan agar mengetahui solusi bagi hambatan antar suku dan budaya yang berbeda. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Subyek dalam penelitian ini adalah guru sekolah dasar laboratorium. Pemilihan informan menggunakan metode purposive random sampling. Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis Data Kualitatif. Data diperoleh dari hasil wawancara mendalam (deep interview) dan observasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bagaimana situasi proses komunikasi dan adaptasi beda budaya yang dihadapi oleh guru kepada murid di sekolah dasar laboratorium di Desa Warmon Kokoda, Distrik Mayamuk, Kabupaten sorong, Provinsi Papua barat.en_US
dc.description.abstractPenelitian ini meneliti proses adaptasi guru sekolah dasar laboratorium dalam interaksi beda budaya dengan murid. Dalam proses adaptasi ini meliputi empat fase adaptasi yaitu fase optimistik, fase masalah kultural, fase recovery dan fase penyesuaian. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan proses Adaptasi Guru Sekolah Dasar Laboratorium Dalam Interaksi Beda Budaya Dengan Murid dan untuk mengetahui faktor- faktor apa saja yang menghambat dan menunjang adaptasi dan komunikasi guru sekolah laboratorium dalam interaksi beda budaya dengan murid. Penelitian ini penting karena untuk menjadi referensi bagi tenaga pengajar untuk mengetahui hambatan dan kendala proses interaksi guru dengan murid antar budaya yang berbeda dan agar mengetahui solusi bagi hambatan antar suku dan budaya yang berbeda. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Subyek dalam penelitian ini adalah guru sekolah dasar laboratorium. Pemilihan informan menggunakan metode purposive random sampling. Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis Data Kualitatif. Data diperoleh dari hasil wawancara mendalam (deep interview) dan observasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bagaimana situasi proses komunikasi dan adaptasi beda budaya yang dihadapi oleh guru kepada murid di sekolah dasar laboratorium di Desa Warmon Kokoda, Distrik Mayamuk, Kabupaten sorong, Provinsi Papua barat.en_US
dc.publisherFAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTAen_US
dc.subjectAdaptasi Guru Sekolah Dasar Beda Budaya Dengan Muriden_US
dc.titleFASE-FASE ADAPTASI GURU SEKOLAH DASAR LABORATORIUM DALAM INTERAKSI BEDA BUDAYA DENGAN MURID (STUDI KASUS SEKOLAH LABORATORIUM DI DESA WARMON KOKODA, DISTRIK MAYAMUK, KABUPATEN SORONG, PROVINSI PAPUA BARAT)en_US
dc.typeThesisen_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record