View Item 
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Engineering
      • Department of Civil Engineering
      • View Item
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Engineering
      • Department of Civil Engineering
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      EVALUASI TEBAL PERKERASAN LENTUR MENGGUNAKAN METODE BINA MARGA 2013 DAN METODE AASHTO 1993 DENGAN PROGRAM KENPAVE PADA JALAN BANTUL - WEDEN, KABUPATEN BANTUL, D.I. YOGYAKARTA

      Thumbnail
      View/Open
      COVER (109.1Kb)
      HALAMAN JUDUL (855.8Kb)
      LEMBAR PENGESAHAN (541.6Kb)
      ABSTRAK (14.13Kb)
      BAB I (19.83Kb)
      BAB II (1.043Mb)
      BAB III (160.4Kb)
      BAB IV (717.8Kb)
      BAB V (27.41Kb)
      DAFTAR PUSTAKA (17.52Kb)
      LAMPIRAN (609.4Kb)
      NASKAH PUBLIKASI (212.1Kb)
      Date
      2018-09-25
      Author
      KUSJAYANTO, REZA
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      Prasarana transportasi berupa jalan raya tidak hanya menghubungkan satu tempat ke tempat lain namun juga sebagai infrastruktur dalam meningkatkan perekonomian masyarakat. Jalan Bantul – Weden memiliki lalu lintas padat karena terdapat kantor dan sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi tebal perkerasan jalan menggunakan Metode Bina Marga 2013 dan Metode AASHTO 1993 yang kemudian dianalisis menggunakan program Kenpave agar memperoleh nilai retak lelah dan retak alur. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh tebal perkerasan Metode Bina Marga 2013 menghasilkan lapis permukaan AC - WC sebesar 4 cm, AC - BC sebesar 13,5 cm. Lapis pondasi atas (CTB) sebesar 15 cm, lapis pondasi bawah (LPA Kelas A) sebesar 15 cm. Sedangkan untuk Metode AASHTO 1993 menghasilkan lapis permukaan (Laston MS 744) sebesar 18 cm, lapis pondasi atas (Batu pecah Kelas A) sebesar 11 cm, lapis pondasi bawah (Sirtu/Pitrun Kelas A) sebesar 33 cm. Hasil analisis menggunakan program Kenpave didapatkan nilai retak lelah (Nf) sebesar 1.696.278,573 ESAL dan retak alur (Nd) sebesar 3.218.990,58 ESAL untuk Metode Bina Marga 2013. Sedangkan nilai retak lelah (Nf) sebesar 5.45.939,25 ESAL dan nilai retak alur sebesar 15.321.347,84 ESAL untuk Metode AASHTO 1993. Dari hasil analisis menunjukan bahwa Metode Bina Marga 2013 dan Metode AASHTO 1993 memiliki nilai repetisi beban retak lelah (Nf) dan retak alur (Nd) lebih kecil dibandingkan nilai repetisi beban rencana sehingga perkerasan tidak mampu menahan beban lalu lintas rencana dan jalan akan mengalami kerusakan sebelum umur rencana.
      URI
      http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/25717
      Collections
      • Department of Civil Engineering

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV
       

       

      Browse

      All of UMY RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV